Kobusun, Stand Unik di Pameran Buku Juara di Bandung

Bandung - Pameran Buku Juara digelar di Gedung Landmark, Kota Bandung, 6-12 November 2018. Kegiatan itu jadi surga belanja buku. Di sana, TemanBaik bisa membeli berbagai buku dengan harga menarik. Bahkan, banyak diskon besar dan harga murah yang ditawarkan. Ada yang menjual harga buku Rp5.000 hingga beli buku bonus Alquran.

Buku bacaan anak, novel, buku pelajaran, serta berbagai buku lainnya bisa kamu dapatkan di sana. Kamu tinggal mau berkeliling dan memilih buku dengan koleksi ribuan judul tersebut.

Tapi, ada satu stand pembeda di pameran tersebut, yaitu Kobusun yang merupakan singkatan dari Kopi dan Buku Sunda. Di sana, TemanBaik bisa ngopi sambil membaca atau membeli buku berbahasa Sunda.

Berita Foto: Uniknya Kotak Perpustakaan di Bandung

Tujuan kopi dihadirkan satu paket dengan buku adalah agar orang lebih nyaman saat membaca atau memilih buku. Sehingga, bagi anda yang punya waktu luang untuk membaca di sana, tidak ada salahnya berkunjung sambil ngopi terlebih dahulu.

"Ada kepercayaan di kita kalau orang minum kopi itu hilang rasa ngantuk. Jadi, orang-orang yang akan membaca dan membutuhkan durasi lama, di sini bisa ngopi dulu. Jadi, kopi dan buku itu saling melengkapi," kata Taufik Faturohman, penggagas Kobusu.

Kobusun sendiri sebenarnya merupakan adaptasi dari konsep kafe miliknya di kawasan Setiabudhi, Kota Bandung, yang berdiri sejak 1979 dengan nama PLO alias Penangkis Lapar Orang. Di kafe itu, pengunjung bisa ngopi sambil membaca serta melakukan kegiatan lain.

Sementara untuk buku yang dihadirkan Kobusun di Pameran Buku Juara, ada sekitar 300-an judul. Semuanya berbahasa Sunda yang diterbitkan oleh Geger Sunten.

Melalui kegiatan itu, Taufik sekaligus ingin membuat bahasa Sunda tetap lestari. Sebab, semakin lama, penggunaan bahasa Sunda di masyarakat semakin terkikis.

"Saya dari pertama berdiri Geger Sunten fokusnya memang terhadap pemulihan dan pelestarian bahasa Sunda," ucap Taufik yang pernah menjadi Manajer Persib Bandung.






Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler