Keren! Indonesia Ajarkan Warga Belize 'Menyulap' Batok Kelapa

Bandung - Batok kelapa sudah lama dimanfaatkan warga Indonesia untuk berbagai kreasi dan produk bernilai ekonomi. Salah satunya adalah 'menyulapnya' menjadi bentuk kerajinan tangan.

Hal itu yang kemudian ditularkan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) kepada warga Belize, sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah. Mereka menggelar pelatihan pemanfaatan batok kelapa agar bisa memiliki nilai ekonomi.

Kegiatan bertajuk 'Coconut Shell Craft Training in Contributing to the Global SDGs Agenda' itu digelar di Belize City, Belize, 5-9 November 2018. Para pesertanya merupakan warga setempat, perwakilan asosiasi kerajinan, hingga perwakilan siswa.

Berita Foto: Kerajinan Patung Gajah dari Kayu Mahoni

Dikutip dari laman resmi Kemenlu, Rabu (7/11/2018), warga setempat diharapkan memiliki keterampilan mengolah batok kelapa melalui pelatihan tersebut. Sehingga, batok kelapa bisa memberikan manfaat positif bagi mereka, khususnya dalam mengembangkan potensi ekonomi dan menunjang pariwisata.

Selama pelatihan, mereka akan dilatih secara teori dan praktik pemanfaatan batok kelapa oleh dua tenaga ahli dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta. Selama lima hari, kegiatan akan diperbanyak dengan kegiatan praktik hingga 90 persen.

Melalui kegiatan itu, selain dapat membantu warga Belize, hubungan kerjasama serta persahabatan antara Indonesia dan Belize juga diharapkan semakin erat.


Foto www.kemlu.go.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler