Viral Tempat Nasi Gratis di Bandung, Ini Sosok Dibaliknya?

Bandung - Terletak di Jalan Burangrang, Kota Bandung, tepatnya di trotoar depan Radio Dahlia, terletak sebuah etalase bertuliskan 'Tempat Nasi Gratis'. Di etalase itu, siapapun bisa mengambil nasi dan lauk-pauknya yang sudah dibungkus secara gratis.

Bagi yang memiliki rezeki lebih, siapapun bisa menyimpan nasi di sana untuk kemudian dibawa orang secara gratis. Semangat berbagi dan menularkan kebahagiaan jadi latar belakang dibuatnya 'Tempat Nasi Gratis' itu.

Adalah sosok Rochsan Rudyantho yang menggagas Tempat Nasi Gratis di Bandung. Ia mengaku mendapatkan ide setelah menemukan foto di media sosialnya soal kegiatan serupa.

Ia kemudian terpancing untuk melakukan gerakan serupa bersama teman-temannya. Setelah berdiskusi, teman-temannya pun menyambut baik dan Tempat Nasi Gratis bisa terealisasi dalam waktu singkat.

Semula, ada dua Tempat Nasi Gratis yang dijalankan mulai 25 Oktober 2018 yaitu di kawasan Kota Baru Parahyangan di Kabupaten Bandung Barat dan di Jalan Raya Cibodas, Antapani, Kota Bandung. Senin (5/11/2018) lalu, satu tempat baru dioperasikan di Jalan Burangrang.

"Dengan konsep ini, siapapun bisa mengambil dan siapapun bisa mengisi, kita tidak punya sasaran tertentu. Kita ini bukan membagikan nasi, tapi membagikan kebahagiaan lewat sebungkus nasi," kata Rochsan, Kamis (8/11/2018).

Bersama rekan-rekannya, ia setiap hari mengumpulkan uang untuk mengisi etalase. Tapi, ada juga yang memberikan nasi bungkus secara langsung dan menempatkannya di lokasi.

Respon masyarakat pun positif, banyak yang setiap hari mengisi etalase. Warga yang mengambil nasi gratis juga banyak dan setiap hari selalu habis.

"Sekarang mungkin rata-rata sudah sampai ada 40 bungkus di setiap titik," ucap Rochsan.

Melalui kegiatan itu, ia berharap semakin banyak orang yang melakukannya. "Siapapun bisa melakukan ini, tidak harus lewat saya. Siapapun bisa meniru ini karena saya juga meniru ide ini dari orang lain," tutur Rochsan.

Tempat Nasi Gratis sendiri beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB. Biasanya, sebelum pukul 15.00 WIB, nasi di etalase sudah ludes disantap oleh berbagai kalangan.

Salah seorang yang memanfaatkan Tempat Nasi Gratis itu adalah Adityo Ardi (30), karyawan swasta yang kantornya di sekitar Jalan Burangrang. Ia menilai Tempat Nasi Gratis jadi inovasi yang bagus untuk orang berbagi kebaikan.

"Kegiatan seperti ini sangat menolong untuk mereka yang membutuhkan dan ingin berbagi. Saya belum pernah menemukan yang seperti ini," ucap Adityo.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler