Bangga! Eko Yuli Raih 3 Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi

Jakarta - Tinta emas kembali ditorehkan anak bangsa. Kali ini, giliran Eko Yuli yang membuat bangga Indonesia. Ia berhasil meraih tiga medali emas di nomor 61 kilogram dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018 di Ashgabat, Turkmenistan pada Minggu (4/11/2018) lalu.

Rasa senang dan bangga pun diungkapkan pria asal Lampung tersebut. Ia mengaku selalu berusaha melakukan yang terbaik saat berjuang membawa nama Indonesia.

"Yang pasti senang dan ingin terus memberikan yang terbaik. Jika ada kesempatan untum meraih medali emas, kita rebut. Kita ada kesempatan memecahkan rekor dunia, kita juga rebut," kata Eko dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Meski sudah meraih prestasi manis, Eko tidak berpuas diri. Ia akan terus belajar dan berlatih. Sebab, perjuangan di cabang olahraga angkat besi semakin ketat dari waktu ke waktu.

"Yang pasti kita akan tetap pertahankan ini. Ke depan (kejuaraan) bakal berat, maka itu kita harus lebih siap lagi. Lawan-lawan nantinya tentu bakal berat," tutur Eko.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengungkap rasa bangga atas pencapaian Eko. Eko dinilai menyambungkan gaung prestasi Indonesia di ajang olahraga setelah belum lama ini banyak meraih medali di Asian Games 2018.

"Angkat besi tak henti-hentinya memberi capaian prestasi untuk Merah Putih. Ini dahsyat, belum lagi reda Asian Games, ini sudah ada lagi prestasi juara dunia. Tentu ini apresiasi yang luar biasa," ucap Isnanta.

Ia juga memuji Eko sebagai sosok yang baik sebagai seorang atlet. Secara performa, Eko juga sangat luar biasa. Ia pun berpesan agar Eko membimbing adik-adiknya di cabang olahraga angkat besi agar bisa mengikuti jejaknya.

Secara khusus, Isnanta berharap prestasi yang diraih Eko juga memantik mereka yang berkiprah di cabang olahraga lain untuk berprestasi.

"Semoga (angkat besi) memberi inspirasi di cabang olahraga lainnya. Jangan hanya kejar-kejaran (mengukir prestasi) di Asia saja, kita harus kejar dan bermimpi untuk berjaya di dunia," harap Isnanta.

Sosok Eko Yuli sendiri tidak asing dengan prestasi. Ia tercatat pernah meraih medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008.

Di Olimpiade London 2012, Eko meraih medali perunggu bagi Indonesia di cabang olahraga angkat besi nomor 62 kilogram. Pada Olimpiade Rio 2016 di Brasil, Eko menyabet medali perunggu.

Sementara di tingkat lokal, prestasi Eko salah satunya medali emas di PON XVII/2008 di Kalimantan Timur. Pada 2007, ia juga mencatatkan diri sebagai peraih emas angkat besi di SEA Games yang digelar di Thailand.

Selamat, Eko Yuli, Indonesia bangga padamu!


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler