Presiden Jokowi Anugerahkan 6 Tokoh Pahlawan Nasional 2018

Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional pada enam orang tokoh Indonesia. Mereka adalah Alm. Abdurrahman Baswedan (tokoh dari D.I. Yogyakarta), Alm. Ir. H. Pangeran Mohammad Noor (tokoh dari Kalimantan Selatan), Almh. Agung Hajjah Andi Depu (tokoh dari Sulawesi Barat), Alm. Depati Amir (tokoh dari Bangka Belitung), Alm. Mr. Kasman Singodimedjo (tokoh dari Jawa Tengah) dan Alm. Brigjen K.H. Syam’un (tokoh dari Banten).

Enam orang tokoh tersebut dianggap berjasa dalam perjuangan di berbagai bidang untuk merebut dan mengisi kemerdekaan Indonesia. Penganugerahan digelar di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 8 November 2018 yang dihadiri oleh para ahli waris dari keenam tokoh tersebut.

Pemberian gelar tersebut berpedoman pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 mengenai Gelar, Tanda Jasa dan tanda Kehormatan yang mengatur kriteria pemberian tanda kehormatan.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 123/TK/Tahun 2018 yang ditandatangani pada 6 november 2018, Presiden Joko Widodo menetapkan enam tokoh pahlawan nasional.

Sebelumnya, Kepala Negara Ri juga telah memberikan gelar pahlawan nasional pada empat tokoh nasional. Mereka adalah M. Zainyddin Abdul Madjid, Laksamana Malahayati, Sultan Mahmud Riayat Syah dan Lafran Pane.


Foto: presidenri.go.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler