Kemenkeu Buka Pendaftaran Beasiswa untuk Santri, Tertarik?

Bandung - Kementerian Keuangan membuka pendaftaran beasiswa Santri LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) untuk tahun ajaran 2019. Pendaftarannya sendiri akan dibuka secara online mulai tanggal 15 November sampai 31 Desember 2018 melalui website www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Ada tiga jenis seleksi bagi para pendaftar, yaitu seleksi dokumen, seleksi berbasis komputer (TPA), serta seleksi substansi (wawancara dan Ieaderless group discussion). Beasiswa santri LPDP ini akan diberikan kepada 100 orang S2/S3.

Sasaran penerima beasiswa santri LPDP ini adalah santri aktif, pendidik (ustadz/ustadzah) dan Tenaga Kependidikan di Pondok Pesantren. Penerima beasiswa sendiri harus merupakan Alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (APBS) yang pada saat mendaftar aktif dalam pengembangan Pondok Pesantren minimal tiga tahun terakhir. Selain itu, pondok pesantren penerima beasiswa harus terdaftar dalam daftar yang dimiliki oleh Kementerian Agama.

Bidang studi yang dibuka untuk beasiswa ini di antaranya, bidang-bidang pengembangan kapasitas kelembagaan pesantren manajemen, kesehatan lingkungan, ekonomi syariah, pertanian, ilmu sosial dan politik, seni dan budaya, astronomi, hukum. Serta bidang keilmuan pesantren yaitu ilmu falak, ilmu syariah, perbandingan mazhab, ilmu maqulaat, ilmu arudh, ilmu tahqiq, ilmu faraid, ilumul qur'an, ulumul hadits serta sirah/tarikh dan bidang ilmu prioritas LPDP.

Bagi santri yang ingin mendaftar diwajibkan untuk melampirkan empat dokumen penting. Pertama, surat keterangan santri mukim atau aktif dalam pengembangan pesantren minimal 3 tahun dan surat rekomendasi dari pimpinan pondok pesantren.

Kedua, surat kesediaan mengabdi di pondok pesantren setelah menyelesaikan studi. Ketiga, rekomendasi dari Kementerian Agama minimal tingkat kabupaten/kota, dan yang keempat adalah melampirkan dokumen kelengkapan lainnya. 


Foto ilustrasi: unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler