BPBD Siapkan Cara Hadapi Bencana Banjir dan Longsor di Jabar

Bandung - Pemprov Jabar sudah menetapkan status Siaga Bencana Banjir dan Longsor di Jabar terhitung 1 November 2018 hingga 31 Mei 2019. Dalam masa siaga itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar menjadi instansi yang paling sibuk. Apa saja yang dilakukan BPBD?

"Ada tiga garis besar langkah yang harus dilakukan setelah keluarnya SK tentang Siaga Bencana Banjir dan Longsor ini," kata Kepala BPBD Jabar Dicky Saromi di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (14/11/2018).

Langkah pertama BPBD adalah menyiapkan langkah-langkah untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana. Sehingga, saat bencana terjadi, para petugas BPBD akan langsung bekerja sesuai dengan langkah yang sudah disusun.

Kedua adalah menginventarisir kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dan logistik yang akan digunakan saat bencana terjadi. Ketiga adalah melakukan kegiatan pengurangan risiko bencana seperti sosialisasi dan mitigasi bencana.

Baca Ini Juga Yuk: Antisipasi Bencana, Persiapkan Tas Siaga Yuk!

Sejak awal November, BPBD Jabar dan BPBD kabupaten/kota se-Jabar juga sudah bekerja menanggulangi bencana. Sebab, terhitung 1-13 November sudah ada 23 kejadian banjir di tujuh kabupaten/kota. Sedangkan longsor ada 60-an kejadian di 14 kabupaten/kota.

Saat bencana terjadi, BPBD pun menjadi pihak yang berada di hilir atau bersentuhan langsung dengan lokasi bencana. "Evakuasi, pengungsian, pertolongan medis, logistik, dan lain-lain itu sesuatu yang standar (dilakukan BPBD di lokasi)," jelas Dicky.

Contoh lain yang dilakukan BPBD saat ini adalah melakukan patroli rutin ke berbagai daerah yang berpotensi bencana. Dalam patroli, petugas melakukan sosialisasi hingga akan terjun langsung menanggulangi bencana.

Dalam penanganan bencana dan pengurangan risiko terjadinya bencana, BPBD menurutnya harus bersinergi dengan instansi lain, termasuk masyarakat. Upaya dan langkah-langkah terbaik pun siap dikerahkan BPBD.

"Kami harap BPBD semakin kuat dalam tugas dan fungsinya," pungkas Dicky.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler