Layad Rawat dan Public Safety Center 119 Kini Ada di Cirebon

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan program layad rawat dan meresmikan Gedung Public Safety Center (PSC) 119 di Kota Cirebon pada Rabu (14/11/2018).  

Public Safety Center 119 adalah layanan cepat tanggap darurat kesehatan dan keselamatan. Layanan yang sudah ada sejak tahun 2016 ini telah hadir di bebera[akota lainnya, seperti kota Bandung, kota Tasikmalaya, kota Bogor, kabupaten Garut, serta kabupaten Karawang. 

"Mulai sekarang, warga yang berkesusahan, tidak punya kemampuan secara fisik untuk bergerak ke rumah sakit, cukup telfon 119 dokternya yang datang ke rumah warga membawa obat, gratis," ujar Emil dalam keterangan resminya.

Baca Ini Juga Yuk: Aneka Inovasi Bidang Kesehatan yang Bakal Diterapkan di Jabar

Sementara itu, kehadiran program layad rawat di Cirebon sendiri bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan cara jemput bola, yaitu mendatangi rumah warga yang sakit dan kesulitan untuk biaya maupun transportasi.

Emil berharap, hadirnya PSC 119 dan Layar Rawat dapat mempercepat penanganan dan pertolongan pada masyarakat yang membutuhkan. Sebab, menurut Emil, di era Dynamic Governance ini sudah seharusnya negara  mendatangi masyarakat, bukan masyarakat yang mendatangi negara, terutama untuk masalah-masalah darurat.

"Ini zamannya Birokrasi Dinamis, atau Dynamic Governance, semua harus bergerak dinamis. Inilah manajemen negara yang datang ke warga bukan warga yang selalu mendatangi negara," jelas Emil. 


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler