Jangan Berteduh di Sekitar Pohon Saat Hujan, Ini Alasannya

Bandung - Saat tiba-tiba terjebak hujan, kadang pohon menjadi tempat untuk berteduh warga. Apalagi jika pohon itu cukup rindang dan mampu menghalau air hujan.

Selain pejalan kaki, pengendara sepeda motor pun banyak yang melakukannya. Bahkan, pengguna mobil juga terkadang berhenti di area yang terdapat pohon saat hujan.

Tapi, perlu disadari, sebaiknya jangan berteduh di bawah atau di sekitar pohon saat hujan. Sebab, hal itu cukup berbahaya. Salah satu risiko besar yang akan terjadi adalah anda rawan tertimpa ranting, batang pohon, atau bahkan pohon itu sendiri yang tumbang.

Risiko lainnya, pohon yang basah akibat hujan bisa 'memancing' petir untuk menyambar. Sehingga, anda yang berteduh di sekitar pohon bisa saja turut tersambar petir.

"Teorinya kan kayu atau pohon yang basah itu bisa jadi penghantar listrik," ujar Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Sihar Sitinjak.

Baca Ini Juga Yuk: Musim Hujan Tiba, Periksa Instalasi Listrik di Rumah Yuk!

Risiko tersambar petir akan jauh lebih besar jika saat berada di sekitarnya anda justru bermain telepon genggam. Ia pun mencontohkan salah seorang temannya. Saat berteduh di bawah pohon, temannya justru menggunakan aplikasi chatting dalam telepon genggam dan akhirnya tersambar petir.

Sihar mengatakan, warga harusnya mengutamakan keselamatan saat hujan. Sehingga, menerobos hujan tidak disarankan untuk dilakukan. Apalagi jika hujan sangat deras dan airnya menggenangi jalan.

Berteduh jadi solusi terbaik. Pada prinsipnya, sebaiknya berteduh dilakukan di tempat yang cukup aman saat hujan turun. Salah satunya bisa di minimarket atau bangunan lainnya. Penggunaan telepon genggam pun sebaiknya dihindari saat hujan.

"Prinsipnya lebih baik terlambat sedikit tapi selamat sampai ke rumah (atau tujuan lain)," jelas Sihar.


Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler