Peduli Lingkungan, Jangan Sisakan Lagi Makanan di Piring Yuk!

Bandung - Pernahkah TemanBaik berpikir ke mana makanan sisa di piring yang tidak habis disantap? Sisa makanan itu ternyata yang mendominasi produksi sampah di masyarakat.

Di Kota Bandung misalnya, dari rata-rata produksi sampah 1.500-1.700 ton per hari, lebih dari 60 persennya merupakan sampah organik, salah satunya dari sisa makanan.

"Catatan di kita, sampah di Bandung ini lebih banyak organik, 63 persennya sampah organik," kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung Dedy Dharmawan.

Menurutnya, untuk satu orang, sisa makanan di piring memang rata-rata tidak banyak. Tapi, jika hal serupa dilakukan banyak orang, maka sisa makanan akan menjadi sangat banyak jika dijumlahkan.

Baca Ini Juga Yuk: Aksi Sederhana Ini Bantu Selamatkan Bumi Loh

Angka 63 persen sampah organik itu pun menjadi gambaran bahwa yang selama ini dinilai sepele, justru merupakan salah satu sumber utama persoalan sampah di Kota Bandung.

Dedy mengatakan saat ini di Kota Bandung ada salah satu restoran dengan tagline 'ambil yang anda suka, habiskan yang anda ambil'. Tagline seperti itu idealnya menjadi gaya hidup masyarakat. Sehingga, tidak akan ada lagi makanan sisa di piring yang jadi penyumbang utama produksi sampah.

"Kalau makan, sebaiknya makan semampunya. Jangan kita ngambil banyak tapi kemudian bersisa," ucap Dedy.

Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler