Keren! Pangandaran Bakal Punya Sea World dan Kampus Kelautan

Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran akan dipoles menjadi lebih cantik sebagai tempat wisata. Selain itu, di Pantai Pangandaran nantinya juga akan berdiri pusat riset kelautan dan berdiri sebuah kampus.

"Itu dibagi tiga (pendanaannya), ada dari pusat, Pemprov Jabar, dan Kabupaten Pangandaran," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (19/11/2018).

Untuk tempat wisata, Sea World rencananya akan dibangun di area Pantai Timur Pangandaran. Sea World itu sekaligus akan jadi Marine Research Center atau pusat riset kelautan. Proyek itu akan digarap oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Di tempat itu, nantinya akan ada semacam akuarium raksasa berisi ikan dari Samudera Hindia. Selain bisa ditonton, lokasi itu akan jadi pusat penelitian yang dikelola KKP.

"Karena kebetulan dpilihnya laut yang banyak pariwisata, maka pusat risetnya dikombinasikan dengan akuarium. Isi ikannya adalah ikan-ikan Samudera Hindia, bukan Samudera Pasifik. Jadi, nanti penelitiannya adalah penelitian kelautan Samudera Hindia," jelas Emil, sapaan akrabnya.

Untuk kampus, akan berdiri kampus bernama Politeknik Kelautan. Di kampus itu akan diajarkan berbagai hal terkait kelautan dengan kurikulum yang canggih. Harapannya, dari sana akan lahir ahli-ahli di bidang kelautan.

Akhir tahun 2019, proyek-proyek itu ditargetkan segera tuntas. Sehingga, publik bisa menikmati keindahan Pantai Pangandaran sebagai tempat wisata, pusat riset, hingga kampus kelautan.

Sementara itu, Pemprov Jabar dan Pemkab Pangandaran akan berbagi tugas dalam penataan di lokasi. Salah satu fokus pemprov adalah memperbaiki akses menuju ke Pantai Pangandaran. Sedangkan Pemkab Pangandaran salah satunya memoles Pantai Pangandaran agar lebih cantik.

"Tugas pemprov nanti akan mengelola, memaksimalkan konektivitas yang belum maksimal ke arah lokasinya," ucap Emil.

Menurutnya, kelanjutan berbagai proyek seputar Pantai Pangandaran itu akan segera dirapatkan oleh pihak-pihak terkait secepatnya. Berbagai hal detail akan dibahas, termasuk upaya menahan abrasi.



Foto dari akun Intagram @berandapangandaran

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler