PNS di Kemenag Kumpulkan Rp 10 Miliar untuk Korban Gempa Palu

Para pegawai di lingkungan Kementerian Agama melakukan aksi kebaikan. Mereka mengumpulkan uang untuk disalurkan ke korban bencana alam di beberapa lokasi yang terdampak gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Uang yang tercapai mencapai Rp10 miliar. Bantuan uang itu pun disalurkan langsung Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di lokasi pada Senin (19/11/2018).

"Seluruh keluarga besar Kemenag merasakan kesedihan mendalam atas gempa di Palu. Mereka bahu-membahu membantu karena merasa sebagai sesama saudara. Karena itu, kepedulian ini penting untuk dijadikan momentum pembangkit semangat melayani umat," kata Lukman di laman resmi Kemenag.

Dalam kesempatan kunjungan itu, Lukman juga mencanangkan gerakan 'Kemenag Bangkit Melayani Umat'. Itu merupakan sebuah gerakan dari para ASN Kemenag di Sulawesi Tengah.

Sehingga, mereka akan jadi dalam posisi terdepan dalam proses pemberian bimbingan spiritual pasca bencana bagi para korban. Selain itu, dalam kunjungan itu, ia ingin tahu perkembangan di lokasi.

"Saya ingin tahu perkembangan penanggulangan tersebut karena sebagian besar bantuan tanggap darurat itu adalah sumbangan ASN Kemenag. Penyaluran dan penggunaannya harus dipertanggungjawabkan," jelas Lukman.

Kemenag pun membentuk Tim Satgas Penanggulangan Dampak Bencana di sana. Tapi, tugas tim hanya fokus pada sasaran yang ada di bawah tanggung jawab Kemenag.

Secara khusus, Lukman juga meminta jajarannya di Kemenag mengalokasikan program prioritas pada 2019 untuk Palu, khususnya untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur di IAIN Palu, madrasah, kantor KUA, rumah ibadah, dan gedung kantor Kemenag.


Foto: Kemenag

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler