Menengok Persiapan Timnas Basket Sebelum Kejuaraan Asia

Jakarta - Timnas bola basket putra Indonesia kembali berkumpul setelah mereka merampungkan Asian Games 2018 pada Agustus lalu. Kali ini, mereka tengah melakukan persiapan untuk terjun di prakualifikasi Wilayah TImur FIBA Asia, kejuaraan basket antar negara-negara Asia, yang berlangsung pada 26 November sampai 1 Desember 2018.

Dalam prakualifikasi tersebut, timnas basket putra Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Malaysia dan Makau. Adapun Grup B dihuni Thailand, Singapura, Fiji, dan Guam. 

Pelatih tim nasional basket putra Indonesia, Fictor Gideon Roring, mengatakan bahwa Malaysia dan Makau memiliki kualitas yang sama dengan Indonesia. Ito, sapaan akrab Fictor, pun mengaku tak banyak melakukan perubahan komposisi pemain. Skuat Garuda masih diisi nama-nama yang tampil pada Asian Games 2018. 

"Persiapan kami teramat-sangat cukup, karena kami sudah punya dasar dalam berlatih pascapenampilan di Asian Games 2018,” tutur Fictor pada Beritabaik.

Artinya, intensitas latihan timnas basket putra Indonesia saat ini tak seberat yang mereka lakoni menjelang Asian Games 2018. “Karena tim intinya masih sama, jadi kami sudah saling mengerti sistem permainan yang diinginkan,” katanya.

Jeda panjang setelah Asian Games 2018 juga tidak menjadi masalah bagi Ito. Para pemain tetap menjaga kondisi tubuh bersama klub masing-masing menjelang Indonesia Basketball League (IBL) 2018/2019.

"Para pemain sedang dalam kondisi yang bagus karena mereka juga sedang mempersiapkan diri bersama klub masing-masing untuk turun di gelaran IBL 2018/2019. Jadi secara fisik (para pemain) benar-benar solid, sangat siap, jadi saya menerima mereka (di Timnas) benar-benar dalam kondisi siap pakai," sambungnya.

Tim nasional basket putra Indonesia bakal menjalani laga pertama Grup A kontra Malaysia, Senin (26/11/2018). Pertemuan terakhir kedua tim berakhir dengan kemenangan 66-64 untuk tim Garuda.


Foto : asiangames2018.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler