Mengintip Cara Unik Sosialisasi Pemilu Indonesia di Argentina

Bandung - Indonesia akan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) pada April 2019 mendatang. Sosialisasi pun terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bukan hanya di Indonesia, sosialisasi juga dilakukan terhadap warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

Di Argentina misalnya, sosialisasi dilakukan di Kantor Kedutaan Besar Indonesia. Selain itu, ada cara unik yang dilakukan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Buenos Aires, Argentina.

Mereka melakukan sosialisasi di atas kapal di Pelabuhan Puerto Madero, Kota Buenos Aires. Para petugas menyampaikan berbagai hal terkait pemilu terhadap WNI yang berprosesi sebagai anak buah kapal atau ABK di sana.

"Ini merupakan salah satu cara kita menjangkai WNI ABK kita," kata Dubes RI untuk Argentina Niniek Kun Naryatie di laman Kementerian Luar Negeri.

Total, ada sekitar 30 WNI yang mendapatkan sosialisasi. Mereka merupakan ABK yang bekerja di kapal-kapal ikan setempat dengan daerah operasi di perairan sekitar Argentina.

Baca Ini Juga Yuk: Laporkan Saja Ke Sini Kalau Temukan Berita Hoax

"Kami menggunakan kesempatan yang baik ini karena sebagian besar kapal ikan tengah berlabuh di Buenos Aires," ucap Ketua PPLN Buenos Aires Ika Supriatma.

Dalam sosialisasi itu, petugas menyampaikan bahwa pemilu mendatang bukan hanya untuk memilih pasangan capres-cawapres. Tapi, diinformasikan juga bahwa pemilu juga akan memilih calon anggota legislatif.

PPLN sekaligus juga ingin memastikan data pemilih di sana. Sehingga, diharapkan tidak ada WNI yang kehilangan hak pilihnya. PPLN pun akan memfasilitasi proses pemungutan suara di sana pada saat pencoblosan.

Ika pun mengingatkan satu hal penting kepada para WNI tersebut. Persatuan di antara mereka harus tetap terjaga meski berbeda pilihan dalam pemilu mendatang.

"Jangan sampai perbedaan pandangan politik, pilihan atau partai membuat kita saling bermusuhan. Apapun pilihannya, kita tetap Indonesia," jelas Ika.

Sementara itu, PPLN Buenos Aires sejauh ini bukan hanya melakukan sosialisasi di Buenos Aires. Mereka juga melakukannya di Mar del Plata yang terdapat banyak WNI. Sosialisasi juga dilakukan di negara rangkapan dibawah kewenangan PPLN Buenos Aires, seperti Paraguay dan Uruguay.



Foto: KBRI Buenos Aires


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler