Bjb Mesra Solusi Pinjaman Modal Usaha Tanpa Bunga di Jabar

Bandung - Dalam waktu dekat, Pemprov Jabar akan menggulirkan program Bank Jabar dan Banten (bjb) Masyarakat Ekonomi Sejahtera atau disingkat 'bjb Mesra' pada 27 November 2018. Lewat program ini, masyarakat di Jabar akan bisa mengajukan pinjaman kredit tanpa bunga dan agunan.

Hingga akhir Desember 2018, dana yang siap dipinjamkan mencapar Rp4 miliar. Jumlah itu kemungkinan akan meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Pinjaman itu menggunakan masjid dan tempat ibadah agama lain sebagai basis utamanya yang jumlahnya mencapai 62 ribu titik se-Jabar. Calon peminjam nantinya harus mendapatkan surat rekomendasi dari pengurus tempat ibadah. Surat rekomendasi itu salah satu syaratnya adalah keaktifan yang bersangkutan di tempat ibadah.

Program itu digulirkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Harapan besarnya, akan tumbuh pengusaha-pengusaha baru yang kelak akan menopang perekonomian di Jabar.

Di saat yang sama, masyarakat juga diharapkan semakin giat beribadah di tempat ibadah agama masing-masing. Hal itu sebagai bagian dari tagline kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yaitu 'Jabar Juara Lahir Batin'.

"Kredit ini tidak lepas dari keyakinan bahwa negara akan maju jika dihuni banyak wirausaha. Di kita (Indonesia) angka terakhir baru 3,01 persen (pengusaha), idealnya ada 4 persen," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar Dudi Sudradjat Abdurachim di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (23/11/2018).

Baca Ini Juga Yuk: Bjb Siapkan Dana Rp 14,4 Triliun Jelang Lebaran

Pemimpin Divisi Kredit UMKM bjb Denny Mulyadi mengatakan plafon pinjaman berkisar Rp500 ribu hingga Rp5 juta per orang. Tapi, pinjaman nantinya harus dilakukan per kelompok dengan anggota lima sampai 10 orang.

Sistem pembayaran pinjaman akan dilakukan secara mingguan dengan sistem tanggung renteng. Artinya, pembayaran dilakukan secara kolektif karena pinjaman dilakukan secara berkelompok. Jika ada anggota yang tidak sanggup membayar, maka anggota lain akan bertanggungjawab untuk membayar pinjaman.

Lalu, bagaimana mengakses pinjaman itu? Yang pertama harus dilakukan TemanBaik adalah mendatangi tempat ibadah. Selanjutnya, pengurus tempat ibadah akan menghubungi pihak bjb.

Petugas kemudian akan mendatangi calon peminjam ke tempat ibadah sesuai jadwal yang disampaikan. Di saat yang sama, calon peminjam harus menyiapkan persyaratan berkas berupa salinan KTP, kartu keluarga, surat nikah jika sudah menikah, dan surat rekomendasi dari pengurus rumah ibadah.

Berikutnya, calon pemimjam akan dibentuk dalam kelompok dan mendapatkan pelatihan keuangan dan pelatihan usaha. Petugas dari bjb lalu akan menyeleksi calon peminjam dan melakukan analisa kelayakan hingga akhirnya dinyatakan lulus atau tidak.

Setelah dinyatakan lulus, calon pemimjam akan melakukan akad kredit dan pinjaman segera cair. Usai mendapatkan pinjaman, petugas dari bjb akan terus memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok pemimjam. Tujuannya agar usaha yang dilakukan pemimjam diharapkan berjalan lancar, termasuk pembayaran pinjaman.

Sementara meski 'bjb Mesra' dinyatakan tanpa bunga, ada biaya administrasi yang harus dibayar di awal saat pinjaman cair. Besarnya 8 persen untuk pinjaman enam bulan dan 9,5 persen untuk pinjaman setahun dari total pinjaman.

Misalnya, jika pinjaman Rp1 juta, di awal akan dipotong biaya sebesar Rp80 ribu jika masa pinjaman enam bulan. Selanjutnya, pinjaman harus dibayar selama bertahap dengan total pengembalian Rp1 juta.

Nah, bagi TemanBaik warga Jabar yang ingin menjadi wirausaha, 'bjb Mesra' bisa jadi salah satu solusi. Bahkan, pinjaman ini juga bisa dilakukan mereka yang sudah memiliki usaha. Jadi, jangan takut lagi memulai usaha karena tidak memiliki modal.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler