Bandung Punya Tempat Konsultasi Lepas dari Rokok, Dimana Saja?

Bandung - Bagi banyak perokok, meninggalkan kebiasaan merokok biasanya cukup sulit. Ada beragam alasan yang melatarbelakanginya. Tapi, bagi TemanBaik yang tinggal di Kota Bandung, ada solusi jika ingin berhenti merokok. Sebab, ada pusat layanan kesehatan masyarakat (puskesmas) yang melayani konsultasi agar anda bisa lepas dari kecanduan rokok.

"Saat ini ada lima puskesmas yang punya ruang konsultasi untuk berhenti merokok," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita.

Kelima puskesmas itu adalah Puskesmas Kopo, Puskesmas Ibrahim Adjie (Kiaracondong), Puskesmas Puter, Puskesmas Garuda, dan Puskesmas Griya Arcamanik. Khusus bagi pengguna layanan BPJS tidak dipungut biaya dari konsultasi itu selain biaya pendaftaran yang terjangkau.

Selain di lima puskesmas itu, konsultasi berhenti merokok juga bisa dilakukan pada layanan Kekasih alias Kendaraan Konseling Silih Asih. Kendaraan ini biasanya ditempatkan di tempat keramaian setiap dua minggu sekali.

"Untuk mobil Kekasih itu jadwalnya dua minggu sekali. Yang paling dekat itu pada 2 Desember nanti Kekasih akan ada di Taman Cikapayang dan Taman Dewi Sartika dari pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai," jelas Rita.

Di puskesmas dan Kekasih, akan ada petugas yang siap melayani. Berbagai solusi akan diberikan agar secara bertahap perokok bisa meninggalkan kebiasaan merokoknya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan tersebut. Sehingga, perokok yang memang ingin berhenti tidak lagi kebingungan mendapatkan solusi.

"Jadi bagi perokok yang memang berniat ingin behenti, bisa berkonsultasi kepada tenaga konselor kami bagaimana cara yang baik untuk berhenti merokok," imbau Rita.

Foto: Dinkes Kota Bandung

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler