Cerita Ridwan Kamil Soal Jasa Guru dalam Hidupnya

Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkap cerita soal guru-guru yang berjasa besar dalam kehidupannya. Tanpa melupakan guru lain, ia menyebut beberapa guru yang lekat dalam ingatannya.

"Banyak sekali ya (guru yang berjasa), ada guru SD wali kelas saya, Ibu Nunung namanya. Ada guru SMP saya yang jadi wali kelas saya kayak ibu saya, namanya Ibu Rustini. Ada guru saya waktu di SMA 3 (Bandung), galak tapi ternyata baik hati, namanya Pak Fikri," kata Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (26/11/2018).

Baca Ini Juga Yuk: Ridwan Kamil Ajak Pelajar di Jabar 'Ngabaso', Mau Ikutan?

Ia sendiri tidak bisa merinci soal pengalamannya satu per satu. Sebab, terlalu banyak kenangan dan pelajaran yang bisa diambil dari para pahlawan tanpa tanda jasa itu. Tapi, ia memberi gambaran bahwa pesan para guru itu tidak terasa saat ia masih menjadi siswa. Sebaliknya, petuah itu dirasa penting dan sangat bermanfaat setelah ia dewasa.

"Memori-memori inilah yang terasanya itu sekarang. Jadi, seringkali petuah-petuah mereka pada saat disampaikan mungkin belum terasa manfaatnya (dulu)," ucap Emil.

Selain setelah dewasa, petuah para guru itu dirasa sangat penting setelah ia kini menjadi seorang pemimpin. Petuah apa saja itu?

"Pas jadi pemimpin, pada saat itu kejujuran, pada saat itu keteladanan, nasehat itu baru termunculkan (teringat kembali) dan terasanya itu sekarang," pungkas Emil.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler