Bangga! Bangladesh Jadi Langganan Gerbong Kereta Api Indonesia

Bandung - Produk asal Indonesia cukup diminati di luar negeri. Salah satunya gerbong kereta penumpang buatan PT Industri Kereta Api (Inka) yang diminati Bangladesh. Sejak 2005, Bangladesh sudah mengekspor gerbong kereta penumpang dari PT Inka. Pada 2015, Bangladesh kembali memesan 150 gerbong dari PT Inka senilai 72 juta dollar Amerika Serikat.

Pada 2018 ini, Bangladesh kembali akan mengimpor gerbong kereta dari PT Inka sebanyak 250 gerbong. Itu karena PT Inka berhasil memenangkan tender. Gerbong rencananya akan dikirim pada Januari 2019.

Gerbong yang akan dikirim tahun depan itu berjenis MG atau Meter Gauge dan BG atau Board Gauge. Jenis kereta itu memiliki badan yang kokoh. Sebab, di Bangladesh, penumpang masih dibolehkan berada di atas atap kereta akibat jumlah penumpang yang sangat membeludak.

"Ya, benar, (dibuat) sangat kuat. Di atas rata-rata ukuran (kereta) Asia, karena memang di sini, aturan untuk naik kereta di atas (gerbong) masih diperbolehkan," kata Staf Purna Jual PT Inka Triono dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Dalam proyek bisnis itu, PT Inka memberikan jaminan kepada pihak Bangladesh. Sehingga, kedua pihak akan sama-sama menerima keuntungan dan saling menjaga kepercayaan.

Baca Ini Juga Yuk: Tiket KA Lokal Bandung Raya Sekarang Dijual Online Loh

"Kontrak-kontrak kita juga disertakan jaminan selama 2 tahun, kemudian untuk pendampingan operasionalnya sampai 2 tahun juga. Saat ini ada 20 pegawai Bangladesh Railways yang sedang menempuh pelatihan di Akademi Perkeretaapian Indonesia di Madiun," jelas Triono.

Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina P Soemarno mengatakan keberhasilan Indonesia mengekspor gerbong kereta ke Bangladesh merupakan salah satu bentuk diplokasi ekonomi Indonesia.

Pihak pemerintah Bangladesh pun sudah menyampaikan keinginan lain terkait kereta api kepada Indonesia. Mereka ingin membeli kereta api bertingkat atau double-decker coach) dari PT Inka. Tujuannya untuk menyeimbangkan kapasitas angkutan umum dengan jumlah penduduk.

Selain gerbong kereta penumpang, Bangladesh juga ingin membeli luxurious coach atau kereta mewah dan gerbong ambulans yang diperuntukkan untuk langkah pencegahan jika terjadi bencana alam. Gerbong ambulans itu akan ditujuan untuk pertolongan para korban bencana alam karena Bangladesh rentan terjadi bencana alam.


Foto: Kementerian Luar Negeri


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler