Bengkulu Perjuangkan Wajah Fatmawati Hadir di Uang Kertas

Bandung - Sosok Fatmawati Soekarno dikenal sebagai istri Presiden Indonesia pertama Ir Soekarno. Ia juga menjadi Ibu Negara Indonesia dalam kurun 1945-1967. Fatmawati merupakan sosok penting dalam perjalanan hidup Soekarno di masa sebelum dan sesudah Indonesia merdeka. Ia juga dikenal akan jasanya menjahit bendera pusaka Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Fatmawati sendiri sudah menjadi Pahlawan Nasional dengan Keputusan Presiden RI Nomor 118/TK/2000. Hal itu jadi penegas bahwa Fatmawati merupakan sosok penting dalam sejarah Indonesia.

Besarnya jasa Fatmawati pun diapresiasi sejumlah organisasi di Provinsi Bengkulu. Mereka membentuk tim inisiator yang kini sedang mengupayakan wajah Fatmawati bisa dihadirkan dalam uang kertas Indonesia, persis seperti para pahlawan lainnya.

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan usulan agar wajah Fatmawati dimuat dalam uang kertas merupakan sesuatu yang bagus. Hal itu pantas didapatkan Fatmawati.

"Ibu Fatmawati putri terbaik Bengkulu yang ikut dalam perjuangan membangun bangsa, kita patut menghargai perjuangan beliau," kata Rohidin dikutip dari laman resmi Pemprov Bengkulu.

Berita Foto: Belajar Sejarah Uang di Museum Bank Indonesia

Ia berharap apa yang diperjuangkan akan terwujud. Sehingga kelak akan dijumpai wajah Fatmawati dalam lembaran uang kertas. Untuk mewujudkannya, ke depan perlu dilakukan pertemuan dengan Bank Indonesia (BI) dan membahasnya.

"Rancangan ini perlu dukungan semua pihak agar terealisasi," ucapnya.

Upaya untuk menghadirkan wajah Fatmawati sebenarnya sudah dilakukan sejak 2016 lalu. Beberapa desain pun sudah dibuat. Di satu sisi, wajah Fatmawati dihadirkan. Di sisi lainnya, uang kertas juga menghadirkan lokasi pariwisata unggulan Bengkulu.

Berbagai upaya pun akan terus dilakukan ke depan agar tujuan yang digagas bisa direalisasikan. "Kami berharap ini berhasil. Sebab menjadi kebanggaan bagi masyarakat Bengkulu," ujar Sekretaris Panitia Pengusung M Ichwan.


Foto desain uang Fatmawati: dokumentasi Pemprov Bengkulu

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler