Hubungi URC Jika Temukan Banjir di Kota Bandung

Bandung - Bagi TemanBaik yang tinggal atau kebetulan sedang berada di Kota Bandung, sebaiknya waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir. Sebab, ada beberapa titik yang cukup rawan terjadi banjir.

Jika menemukan adanya titik banjir yang cukup mengganggu arus lalu lintas atau di permukiman, sebaiknya segera melapor ke Unit Reaksi Cepat (URC). URC ini merupakan satuan tugas di bawah Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung.

URC akan bergerak cepat saat menerima laporan adanya banjir. Sehingga, dalam waktu singkat, banjir diharapkan akan bisa tertangani dengan baik.

Kabid Pemeliharaan DPU Kota Bandung Tedi Setiadi mengatakan ada enam lokasi di Kota Bandung yang terdapat URC. Selain itu, URC juga ditempatkan di area daerah aliran sungai (DAS).

"Pelaporan (banjir) bisa dilakukan ke nomor telepon (022) 7278853 atau langsung ke kantor kita di Jalan Cianjur Nomor 343," kata Tedi di Taman Dewi Sartika, Kota Bandung, Kamis (29/11/2018).

Selain itu, media sosial milik DPU juga bisa digunakan sebagai sarana pelaporan, yaitu @dpukotabandung untuk Instagram dan @DPUKotaBandung untuk Twitter. Sejauh ini, keberadaan media sosial itu cukup efektif dimanfaatkan masyarakat.

"Kita banyak menerima laporan dari media sosial, termasuk dari rekan-rekan media," ucap Tedi.

Untuk penanganan di lokasi banjir, Tedi mengatakan petugas akan menyesuaikan tindakan. Petugas bisa melakukan penyedotan air menggunakan kendaraan khusus. Petugas juga bisa membersihkan sumbatan di drainase yang membuat air tergenang.

"Kita juga punya pasukan katak sebanyak 80 orang yang siaga 24 jam. Kalau misalnya ada gorong-gorong yang tersumbat, pasukan ini yang akan turun dan mencari sumbatannya," jelas Tedi.

Sementara selain menangani banjir, URC juga bisa mengatasi problem lain, misalnya jembatan ambruk. Petugas akan melakukan perbaikan darurat dan berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait.

TemanBaik, sebaiknya nomor telepon dan alamat media sosial DPU Kota Bandung disimpan baik-baik. Sehingga, ketika terjadi banjir atau kejadian lain, kamu bisa langsung melaporkannya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler