Keren! Seperti Ini Desain Penataan Kalimalang di Bekasi

Bandung - Pemprov Jabar akan melakukan penataan terhadap kawasan Kalimalang di Kota Bekasi. Daerah itu akan disulap jauh lebih cantik dibanding saat ini. Seperti apa penataannya?

"Kalimalang nanti jadi Kaliberuntung," kelakar Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (4/12/2018).

Desain dari penataan Kalimalang sendiri sudah diunggah di akun Instagram pria yang akrab disapa Emil itu kemarin. Terlihat di sana air di Kalimalang begitu jernih. Pepohonan pun sangat rimbun.

Tidak hanya itu, ada juga jembatan, trotoar yang cukup lebar, hingga tempat duduk. Secara umum, tempat itu terlihat sangat modern dan sedap dipandang. Bahkan, akan ada semacam Taman Sejarah yang akan menampilkan sejarah Kota Bekasi.

"Intinya (desain Kalimalang akan) memaksimalkan interaksi publik di sana. Kemudian mengenalkan sejarah kayak Taman Sejarah Bandung. Itu kan positif. Sambil berjalan-jalan, sambil belajar sejarah dan airnya bersih karena itu kan saluran air bersih," tutur Emil.

Baca Ini Juga Yuk: Keren! Bakal Seperti Ini Nih Transport Hub MRT di Dukuh Atas

Proyek penataan Kalimalang pun nantinya tidak hanya mengandalkan dana dari APBD. Sebab, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan ikut membantu.

"Berita baiknya adalah Pak Menteri (PUPR) sangat apresiatif dan membantu. Alhamdulillah nanti ada tambahan dana dari Kementerian PUPR ya untuk Kalimalang," ucap Emil.

Semula, proyek penataan Kalimalang hanya akan dilakukan di satu lokasi. Tapi, dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat, pada 2019 akan dilakukan penataan Kalimalang di dua lokasi.

Selain Bekasi, menurutnya daerah lain di Jabar juga akan mendapatkan perlakuan serupa. Masing-masing kabupaten kota akan ada titik penataan secara bertahap. Sehingga, akan ada banyak titik di Jabar yang cantik dan sedap dipandang.

"Semua akan ada (penataan), cuma dicicil selama 5 tahun di masa jabatan saya," tandas Emil.


Foto: Instagram Ridwan Kamil

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler