Yuk! Lihat Benda Bersejarah Milik Dewi Sartika dari Dekat

Bandung - Siapa yang tidak kenal dengan sosok Raden Dewi Sartika? Ya, ia merupakan pahlawan nasional yang lahir pada 4 Desember 1884 silam. Ia terkenal sebagai pelopor dan pejuang pendidikan bagi kaum hawa di zaman kolonial Hindia-Belanda.

Untuk mengenang jasanya, digelar kegiatan 'Milangkala Dewi Sartika' di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kota Bandung. Kegiatan ini berlangsung sejak 4 Desember dan berakhir pada 22 Desember 2018 mendatang.

Ada beragam kegiatan dalam 'Milangkala Dewi Sartika'. Ada workshop membatik, pameran peralatan militer zaman dulu, dan yang paling istimewa ada benda bersejarah milik Dewi Sartika.

Benda bersejarah milik Dewi Sartika bisa dilihat di area dalam monumen. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya masuk ke sana alias gratis.

Saat masuk, TemanBaik akan melihat patung kepala Dewi Sartika dan sebuah lukisan. Di sekitar temboknya terpajang gambar dan tulisan tentang Dewi Sartika. Tidak hanya itu, ada juga yang menggambarkan sosok-sosok Dewi Sartika masa kini yang bisa menjadi inspirasi.

Berita Foto: Mengenang Dewi Sartika di Pameran Perempuan Milenial

Di bagian belakang patung kepala, terdapat koleksi benda milik Dewi Sartika. Benda otentik itu adalah satu set kebaya beserta kain batik dan sebuah mesin jahit merk 'Singer' buatan Belanda abad ke-19.

"Ini pakaian yang sering digunakan Dewi Sartika, biasanya dikenakan saat ada kegiatan formal atau ada undangan," kata Joni Kalimanjaya, pemandu di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, kepada BeritaBaik, Kamis (6/12/2018).

Kebaya berwarna hitam dan kain batik sebagai bawahan berwarna dominan coklat itu merupakan koleksi pribadi keluarga Dewi Sartika. Begitu juga dengan mesin jahit yang dulu sering digunakan Dewi Sartika untuk menjahit.

"Khusus untuk kegiatan ini benda-benda ini dipinjamkan keluarga Dewi Sartika ke sini. Setelah kegiatan ini selesai nanti dikembalikan lagi," jelas Joni.

Baca Ini Juga Yuk: Indonesia Punya Empat Pahlawan Nasional Baru Loh, Sudah Tahu?

Dari pameran benda milik Dewi Sartika itu, publik diharapkan terinspirasi. Sehingga, kelak akan muncul Dewi Sartika berikutnya.

Apalagi, di sana terdapat contoh kesuksesan 'The Next Dewi Sartika'. Salah satunya almarhum Een Sukaesih yang gigih mengajar selama puluhan tahun meski lumpuh. Di sana juga ada karya para perempuan hebat masa kini, mulai dari batik, ornamen, dan beragam benda lainnya.

Nah, bagi TemanBaik yang penasaran ingin melihat benda bersejarah itu, kamu tinggal datang ke lokasi. Jika sudah punya anak, berkunjung ke sana juga sangat bagus untuk edukasi sejarah dan wawasan.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler