Ganjar Pranowo Ajak Menko Darmin Icip Makanan Tak Lazim, Apa Itu?

Wonogiri - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution meluncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Desa Kebonagung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis (6/12/2018).

Dilansir dari laman resmi Pemprov Jawa Tengah, berbagai hasil produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Wonogiri dipamerkan di sana, mulai dari kerajinan tangan hingga olahan makanan dan minuman.

Yang menarik, di sela kegiatan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat mengajak Darmin untuk berkeliling ke sejumlah stand. Keduanya sempat mencicipi jamu kunir asem sebagai minuman selamat datang.

Ganjar lalu mengajak Darmin ke stand yang menawarkan olahan makanan tidak lazim karena terbuat dari gaplek atau singkong kering. Gaplek itu biasanya digunakan sebagai bahan dasar nasi tiwul.

"Pak Darmin, coba ini, ini enak dan khasnya Wonogiri," kata Ganjar kepada Darmin.


Darmin kemudian mencicipi semacam bolu di stand tersebut. Bahkan, Darmin sampai mengambil kembali satu potong dan melahapnya. "Enak kan pak? Bapak tahu ini terbuat dari apa? Ini dari gaplek loh pak, khasnya Wonogiri," jelas Ganjar.

Darmin pun terkejut dengan penjelasan Ganjar. Ia sama sekali tidak menduga jika gaplek mampu diolah menjadi makanan lezat dan naik kelas. "Masa ini dari gaplek? Ini enak loh pak, seperti roti yang dijual di supermarket," tutur Darmin.

Ratih (35), pembuat aneka kue berbahan gaplek, mengatakan usahanya sudah ditekuni beberapa tahun lalu. Dari waktu ke waktu, usahanya pun semakin berkembang. "Ada roti, biskuit, brownies kering, dan aneka makanan lainnya. Bahan dasarnya 75 persen dari gaplek, sisanya bahan tambahan seperti terigu, gula, telur, dan lainnya," ujar Ratih.

Semula, usaha makanan kreasinya itu hanya ditawarkan kepada tetangga di sekitar rumahnya. Tapi, setelah mendapatkan pelatihan dan permodalan dari KUR, usahanya meningkat pesat.

"Sekarang banyak yang pesan. Bahkan dari luar daerah banyak yang beli karena saya juga jualan online," pungkas Ratih.



Foto: Humas Pemprov Jateng
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler