Nih! Surganya Buku-buku Islam di Kota Bandung

Bandung - Buku merupakan gudangnya ilmu pengetahuan. Melalui buku, kita akan mendapatkan banyak wawasan. Bagi TemanBaik yang ingin menambah wawasan tentang Islam melalui buku, TemanBaik bisa datang ke Masjid Pusat Dakwah dan Studi Islam (Pusdai) di Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Di sana ada perpustakaan dengan koleksi lebih dari 6 ribu buku.

Perpustakaan itu sebenarnya sudah ada sejak 1998 silam. Tapi, perpustakaan itu baru saja direnovasi dan diresmikan beberapa hari lalu. Kini, suasana di lokasi menjadi sangat nyaman untuk dikunjungi.

Begitu masuk ke area perpustakaan, TemanBaik akan langsung disuguhi ribuan buku yang ditempatkan di berbagai rak. Kamu bisa mencari buku yang akan dibaca, mulai dari sejarah Islam, tafsir, fikih, buku cerita, serta berbagai tema lainnya.


Bagi yang gemar membaca, apalagi seputar Islam, Perpustakaan Masjid Pusdai akan menjadi surga yang mengasyikkan untuk membaca. Di sana juga ada spot atau titik khusus untuk anak-anak.

Area untuk membaca anak-anak itu beralaskan rumput sintetis. Rak-rak kecil berisi buku juga ditempatkan. Sehingga, si kecil akan nyaman membaca di sana.

"Awalnya perpustakaan ini memang tidak ada space khusus untuk anak-anak, tapi bersatu dengan orang dewasa. Sekarang dibuat space itu supaya anak-anak lebih tertarik," kata Dwi Utami, petugas perpustakaan.

Sementara selain buku-buku Islam, di sana juga terdapat koleksi buku pelajaran dan buku umum lainnya. Hal itu jadi pelengkap koleksi perpustakaan.

Bagi TemanBaik yang ingin membaca di lokasi, kamu tinggal datang saja langsung. Sementara jika ingin meminjam buku untuk dibawa pulang, kamu harus terdaftar sebagai member.

Jangan khawatir, syaratnya pun cukup mudah. Untuk pelajar, syarat pembuatan kartu member hanya perlu membawa kartu pelajar atau KTP orangtua. Sedangkan untuk yang bukan pelajar atau dewasa, KTP dan pas foto harus dibawa dan membayar infaq.

"Kalau pinjam buku itu free (gratis), tiga buku per 10 hari. Tapi peminjaman bisa diperpanjang. Kalau telat pengembalian ada denda. Kalau belum menjadi member, itu belum bisa pinjam," jelas Dwi.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler