Beruang Madu di Bandung Rayakan Ultah, Begini Kemeriahannya

Bandung - Seekor beruang madu bernama Rika hari ini mendapat perlakuan istimewa. Satwa koleksi Kebun Binatang Bandung (KBB) itu bisa merasakan bagaimana meriahnya ulang tahun pertamanya seperti manusia.

Bertempat di area kandang beruang KBB, acara ulang tahun digelar sederhana. Di sekitar kandang dipasang balon yang membentuk nama Rika dan tulisan 'Happy Birthday'. Beberapa kado yang sudah dibungkus pun disimpan di sana.

Prosesi ulang tahun dimulai dengan dinyanyikannya lagu 'Selamat Ulang Tahun' oleh sekelompok band akustik. Beberapa pawang KBB pun tampil dengan mengenakan topi kerucut sambil turut bernyanyi.

Saat lagu dinyanyikan, para pengunjung diajak untuk ikut sama-sama bernyanyi. Rika kemudian dikeluarkan dari area tertutup di kandang dan langsung diajak menuju tempat ulang ulang tahun. Pengunjung pun bersorak dan bertepuk tangan.

Rika lalu diajak pawangnya untuk membuka bungkusan kado. Isinya adalah buah-buahan dan daging yang merupakan santapan kegemarannya. Hap! Dengan lahap Rika langsung menyantap makanan yang menjadi kado istimewa untuknya.

Selayaknya anak-anak, Rika sesekali terlihat berlari-lari di lokasi dan sesekali kembali melahap makanan. Hal itu membuat pengunjung gemas melihat tingkah laku sang bocah beruang. Ulang tahun sederhana itu pun berakhir.

Baca Ini Juga Yuk: Jangan Sembarangan, Begini Etika Saat di Kebun Binatang!

Marketing Communication KBB Sulhan Syafi'i mengatakan acara ulang tahun itu adalah untuk menghibur pengunjung. Ulang tahun juga diharapkan membuat Rika bahagia sebagai beruang bungsu di KBB. "Mudah-mudahan dia sehat terus dan menjadi bibit beruang madu yang bagus," ujar Aan, sapaan akrabnya, Minggu (9/12/2018).

KBB juga punya misi lain dari kegiatan ulang tahun Rika. Sebab, Rika merupakan anak dari beruang bernama Kardit yang sudah berusia di atas 30 tahun. Sedangkan induk betinanya bernama Rini yang berusia 7 tahun.

Yang menarik adalah sosok Kardit, ayah Rika. Sebab, Kardit sempat dikenal sebagai beruang kurus dan dianggap tidak terurus oleh pengelola KBB. Pemberitaan soal Kardit bahkan sampai mendunia.

Padahal, perawakan Kardit memang seperti itu. Apalagi, Kardit sudah tidak lagi muda. Sehingga, tubuhnya tergolong kurus karena dimakan usia.

Meski kurus dan tergolong sudah tua, Kardit dinyatakan sehat. Itu terbukti dari produktifnya Kardit yang sudah memiliki enam anak. "Rika ini salah satu dari enam anak Kardit. Kita ingin membuktikan (melalui ulang tahun ini) bahwa beruang kurus itu enggak masalah. Yang penting dia sehat," jelas Aan.

Sementara saat ini, total ada 12 koleksi beruang madu di KBB. Sebelumnya, jumlahnya lebih dari 12 ekor. Tapi, beberapa beruang madu dihibahkan ke tempat lain karena di KBB sudah tergolong melimpah.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler