Jangan Anggap Enteng Profesi Satpam!

Bandung - Profesi sebagai satpam alias satuan pengamanan saat ini masih dianggap sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Peran satpam justru sangat vital, baik di lingkungan perusahaan, instansi, maupun perumahan.

"Dari sisi profesi, satpam itu masih ada yang menganggap profesi rendahan," kata Ketua BPD Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Jabar Komaruddin Khalid di Hotel El Royale, Kota Bandung, Selasa (11/12/2018).

Padahal, satpam jadi garda terdepan dalam upaya mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Mereka juga yang paling depan memastikan keamanan suatu tempat.

"Peran dan fungsi satpam sebagai pembantu kepolisian dalam memelihara keamanan dan ketertiban telah berkontribusi besar terhadap terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkap Komaruddin.

Besarnya jasa dan tanggung jawab satpam itu dipandang perlu mendapat apresiasi. Hal itu yang didorong ABUJAPI melalui Konferensi Industri Jasa Pengamanan Nasional (Kipnas) 2018 di Kota Bandung pada 11-13 Desember.

Melalui konferensi itu, ABUJAPI salah satunya ingin mengajak perusahaan jasa pengamanan meningkatkan kesejahteraan satpam. Apalagi, jumlah satpam di Indonesia saat ini lebih dari 2 juta orang, jumlah yang tergolong banyak.

"Kita ingin mendorong supaya satpam ini punya kesejahteraan lebih bagus, kemudian profesinya itu tidak dipandang sebelah mata (karena gajinya kecil), bahkan bisa dibanggakan, sama seperti profesi lain," jelasnya.

Ke depan, peningkatan kompetensi bagi para satpam pun perlu dilakukan secara berjenjang oleh perusahaan jasa keamanan. Sehingga, satpam akan punya sertifikat kompetensi yang menandakan memiliki keahlian khusus.

Dengan cara itu, imej satpam diharapkan berubah dan punya 'daya tawar' lebih tinggi. Sehingga, satpam nantinya akan dipandang sebagai profesi yang profesional, membanggakan, termasuk menjadi sarana mencari penghasilan yang layak.

Pemerintah pun dipandang perlu membuat regulasi khusus yang mengatur tentang satpam. Sehingga, ada landasan hukum dalam menjalankan profesi itu, termasuk berbagai pengaturan lainnya.

"Dengan adanya Kipnas ini, kita ingin mendorong pemerintah supaya lahir undang-undang tentang profesi satpam. Ini akan meningkatkan profesionalisme, meningkatkan penghargaan, dan taraf penghidupan dari anggota satpam. Sehingga profesi ini bisa dibanggakan," tutur Komaruddin.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler