Ada Gerakan #EngkeKumaha Bersama Persib, Apa Itu?

PermataBank Syariah bersama Persib Bandung meluncurkan gerakan hashtag atau tanda pagar (tagar) #EngkeKumaha di Kota Bandung, Rabu (12/12/2018). Itu merupakan sebuah gerakan penyemangat untuk mengedukasi masyarakat, khususnya warga Jabar.

Engke kumaha adalah kata berbahasa Sunda yang berarti nanti gimana atau nanti bagaimana. Melalui gerakan itu, publik diajak untuk berpikir dan mempersiapkan segala sesuatu.

Sehingga, #EngkeKumaha bisa mengganti pandangan masyarakat yang sebelumnya berpikir 'kumaha engke' atau 'bagaimana nanti'. Sebab, selama ini saat ditanya masa depan, seringkali orang menjawab 'bagaimana nanti' saja, bukan nanti bagaimana.

Kalimat 'bagaimana nanti' sendiri lebih cenderung pasrah soal sesuatu di masa depan. Sebaliknya, 'nanti bagaimana' akan membuat orang berpikir untuk menyiapkan segala sesuatu di masa depan dari saat ini.

"Hashtag ini sebuah gerakan untuk membangun semangat mempersiapkan masa depan yang lebih baik," kata Senior Vice President PermataBank Syariah Rinaldi Azis.

Gerakan itu sengaja diluncurkan bersama Persib karena Persib punya pengaruh besar di Jabar, bahkan Indonesia. Sehingga, ketika digaungkan oleh Persib, gerakan #EngkeKumaha diharapkan akan diikuti masyarakat.

Sebagai lembaga perbankan, BankPermata Syariah menurutnya juga memiliki berbagai produk yang berkaitan dengan #EngkeKumaha. Mulai dari tabungan, investasi, pinjaman modal, hingga KPR.

"Semua bank mungkin memiliki produk yang sama. Tapi kita memiliki semangat berbeda, artinya bukan hanya sekadar mencari keuntungan, kita memiliki visi-misi untuk menyosialisasikan agar masyarakat memiliki perencanaan keuangan sejak dini," tutur Rinaldi.

Sebaliknya, Persib selama ini juga sudah menerapkan gerakan #EngkeKumaha dalam kesehariannya. Salah satunya adalah memiliki Akademi Persib dan Diklat Persib sebagai tempat untuk menempa pemain muda.

"Dalam kehidupan sehari-hari, semua harus disiapkan sejak awal sehingga kita bisa memperoleh hasil terbaik," ujar CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono.

Sebagai bentuk kerjasama, Persib nantinya akan menggaungkan tagar #EngkeKumaha, salah satunya melalui media sosial. Gerakan itu pelan-pelan diharapkan menular dan diikuti publik.

Pemain Persib Atep mengatakan pandangan #EngkeKumaha sangat penting dalam kehidupan. Hal itu yang ia rasakan juga di dalam dunia sepakbola. Sehingga, ia mulai menata masa depannya dari beberapa tahun lalu dengan memiliki usaha di luar sepakbola.

"Di sepakbola sendiri tergantung umur, apalagi kalau kita cedera, bisa habis karir kita. Karena itu saat usia produktif kita harus mempersiapkan masa depan," tutur Atep.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler