Mengintip Kegiatan Remaja se-Indonesia di Jambore GenRe 2018

Bandung - Para remaja dari berbagai provinsi di Indonesia yang tergabung dalam Generasi Berencana (Genre) mengikuti Jambore dan Ajang Kreativitas (JAK) GenRe 2018 di Hotel Mason Pine, Kabupaten Bandung Barat, 14-17 Desember 2018.

GenRe sendiri merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Besar Berencana (BKKBN). Lewat program itu, para remaja dikembangkan agar memiliki pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan. Sehingga, kelak mereka akan memiliki perencanaan yang matang saat hendak berkeluarga.

Para remaja anggota GenRe dari berbagai provinsi itu sengaja dikumpulkan melalui JAK GenRe 2018. Selain ajang silaturahmi, kegiatan itu juga jadi tempat berbagi pengalaman terkait kegiatan yang sudah dilakukan GenRe di masing-masing daerah.

"Acara ini akan dihadiri Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, termasuk Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi. Acara juga akan dihadiri Plt Kepala BKKBN RI bersama para pejabat lainnya," kata Direktur Ketahanan Remaja BKKBN RI Eka Sulistia Ediningsih dalam rilis yang diterima BeritaBaik, Sabtu (15/12/2018).

Selain memberikan dukungan, para pejabat yang hadir akan memberikan motivasi melalui Ngobrol Penuh Inspirasi (Ngopi) dan berbagai kegiatan lainnya.

"Beberapa anggota Forum GenRe Indonesia yang dulunya juga Remaja GenRe juga akan sharing materi kepada teman-teman dari seluruh provinsi, salah satu temanya Genrevolution Bertema (Bersih, Tertib, dan Mandiri)," ungkapnya.

Di lokasi juga digelar berbagai macam lomba untuk memeriahkan suasana. Sehingga, kegiatan tidak hanya sebatas edukasi saja, melainkan terdapat sisi hiburan.

Para Remaja GenRe yang dikirim ke ajang itu sudah melalui tahapan ketat di masing-masing daerah. Berbagai persiapan pun dilakukan oleh para utusan daerah tersebut.

Salah satunya dilakukan oleh Forum GenRe Kalimantan Barat. Ada 23 remaja terpilih yang dikirim ke JAK GenRe 2018. Mereka adalah perwakilan dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Barat.

Para remaja itu disiapkan selama seminggu untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sebab, Forum GenRe Kalimantan Barat ingin meraih juara dalam beberapa lomba yang diikuti.

"Motivasi bagi utusan Kalimantan Barat adalah memperebutkan juara pada setiap lomba yang diadakan," ujar Ketua Forum GenRe Kalimantan Barat Setiadi.

Di ajang itu, utusan Kalimantan Barat juga akan menampilkan kesenian. "Kami akan menampilkan pensi dramatisasi puisi yang proses penggarapannya hanya dilakukan selama dua hari," tandas Setiadi.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler