Ultah Kabupaten, PNS Banyuwangi Tampil Beda Selama Desember Loh

Banyuwangi - Para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Banyuwangi tampil berbeda selama bulan Desember ini. Mereka bekerja menggunakan batik selama sebulan penuh. Itu dilakukan dalam rangka bagian dari hari ulang tahun (HUT) ke-247 Kabupaten Banyuwangi.

"Khusus di bulan Desember ini, para pegawai memakai batik," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di laman resmi Pemkab Banyuwangi.

Penggunaan baju batik itu diwajibkan setiap senin hingga jumat. Tapi, ada pengecualian setiap selasa. Para PNS mengenakan baju adat masyarakat Suku Osing yang serba hitam. Sebab, hal itu sudah menjadi tradisi di sana sejak lama.

Selain untuk memperingati HUT Banyuwangi, penggunaan batik oleh ASN itu bertujuan menggeliatkan dunia atau industri batik di Banyuwangi. Para ASN pun diimbau memakai batik khas Banyuwangi agar keberadaan batik di sana semakin dikenal publik.

"Kita menganjurkan agar mereka lebih banyak menggunakan motif batik Banyuwangi yang kini sangat beragam," ujar Anas.

Di Banyuwangi sendiri saat ini terdapat 42 motif batik. Dari jumlah itu, 24 di antaranya merupakan batik klasik Banyuwangi yang sangat khas.

Anas pun mempersilakan para PNS berswafoto atau selfie sambil mengenakan batik di sela-sela pekerjaannya. Bahkan, foto itu diharapkan di-unggah di media sosial masing-masing. Harapannya, publik akan semakin bangga dan semangat mengenakan batik Banyuwangi.

"Silakan para pegawai di sela-sela istirahat bekerja bisa selfie dulu dengan batik khas Banyuwangi, lalu upload di media sosial. Sebutkan beli di perajin batik mana, sekaligus promosikan UMKM batik Banyuwangi," tutur Anas.


Foto dari bayuwangibagus.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler