Sekarang BPPT Sudah Bisa Beri Sertifikasi Elektronik Loh

Bandung - Setelah mengantongi status terdaftar, sekarang iOTENTIK BPPT sudah siap memberikan pelayanan sertifikasi elektronik kepada instansi pemerintah sebagai penerapan dari UU ITE.

iOTENTIK BPPT sendiri merupakan sebuah badan hukum yang berfungsi sebagai pihak yang menandatangani, menerbitkan dan memelihara sertifikat elektronik bagi sistem elektronik pemerintahan.

Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT Michael Andreas Purwoadi menjelaskan bahwa ada tiga kegunaan sertifikat elektronik terhadap file elektronik.

Baca Ini Juga Yuk: Aplikasi redBus untuk Pesan Tiket Bus Online Ada di Indonesia Loh

"Kegunaannya di antaranya untuk memastikan keutuhan dokumen, memastikan otentisitas suatu dokumen dan memastikan dokumen itu dikirim oleh orang yang benar," katanya lewat keterangan tertulis di laman website bppt.go.id.

Beberapa waktu ke belakang tim iOTENTIK BPPT juga mendemokan pemanfaatan sertifikat elektronik dengan melakukan tanda tangan dokumen elektronik secara online. Tanda tangan elektronik beserta timestamp ini dapat dilekatkan pada dokumen maupun transaksi elektronik. Pastinya dengan didukung oleh keautentikan data pribadi yang telah diregistrasi dan diverifikasikan terlebih dulu.

Kehadiran sertifikat elektronik ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh lembaga pemerintah lainnya yang memerlukan adanya pengamanan dokumen digital.


Ilustrasi: unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler