Keren! Pertamina dan UNS Bikin Baterai Motor Ramah Lingkungan

Bandung - Pemerintah terus berupaya melahirkan berbagai energi terbarukan yang mulai diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Seperti yang dilakukan PT Pertamina bersama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, yang berhasil membuat Lithium Ion Battery (LIB) sebagai energi penggerak motor listrik yang hemat dan murah. 

LIB merupakan salah satu baterai isi ulang (rechargable battery) yang memiliki teknologi mengisi daya lebih cepat dan bertahan lebih lama. LIB juga memiliki kepadatan daya yang lebih tinggi dalam kemasan yang lebih ringan. Selain digunakan pada peralatan elektronik konsumen, LIB juga sering digunakan oleh industri militer, kendaraan listrik dan dirgantara. 


Satu unit battery pack dibekali dengan kapasitas 3 kWh, untuk motor listrik dengan kekuatan 5 kW atau kurang lebih setara mesin motor dengan pembakaran internal berkapasitas 125-150 cc. Sehingga baterai tersebut dapat digunakan hingga 500 siklus pemakaian. 

Dengan beterai ini kendaraan bermotor listrik roda dua mampu menempuh jarak 80-100 kilometer hanya dengan biaya Rp 5.000. Keunggulan lainnya, jenis baterai NCA tersebut dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan, seperti powerbank. 

LIB produksi Pertamina dan UNS ini merupakan produk battery Lithium Ion pertama karya anak bangsa yang dibuat pada skala demonstration. Selain energi yang ramah lingkungan, baterai ini menjadi pengganti energi fosil untuk kendaraan bermotor. Hal ini sejalan dengan agenda pemerintah untuk penggunakan listrik sebagai pengganti kendaraan bermotor ICE pada tahun 2040.


Foto: Pertamina
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler