Kenali Makna Empat Warna Dasar Rambu Lalu Lintas, Yuk!

Bandung - Rambu-rambu lalu lintas mungkin sudah tidak asing di masyarakat. Bahkan, masyarakat sudah bisa membaca arti dari rambu-rambut tersebut.

Tapi, sadarkah TemanBaik bahwa rambu lalu lintas memiliki warna dasar dan perpaduan warna yang berbeda. Warna-warna itu ternyata mengandung arti yang harus dipahami. Apa saja?

1. Warna Dasar Kuning

Rambu berwarna dasar kuning dengan tulisan atau simbol berwarna hitam menandakan peringatan bagi pengguna jalan. Biasanya, rambu itu menandakan ada bahaya atau kemungkinan bahaya setelah melewati rambu.

Sebagai contoh, rambu kuning dengan gambar mobil dan garis yang membentuk kelokan jalan. Itu menandakan di depan terdapat banyak belokan yang mengharuskan pengguna jalan berhati-hati.

Contoh lain adalah rambu berwarna kuning dengan simbol gunung yang terdapat jatuhan batu. Itu artinya di depan merupakan kawasan rawan longsor. Sehingga, pengguna jalan harus meningkatkan kewaspadaan saat melintas ke daerah sekitar.

Baca Ini Juga Yuk: Tilang Elektronik Diberlakukan di Jakarta, Begini Mekanismenya

2. Warna Merah

Rambu ini biasanya memiliki warna dasar putih dan sekelilingnya berwarna merah. Ini menandakan suatu larangan tertentu.

Misalnya rambu huruf S dicoret. Rambu ini menandakan anda tidak boleh berhenti dengan alasan apapun. Ada juga rambu berwarna dasar putih dan merah di sekelilingnya dengan tulisan 20 Km/Jam. Ini artinya kecepatan kendaraan tidak boleh melaju melebihi kecepatan 20 kilometer per jam.

3. Warna Biru

Rambu ini biasanya memiliki warna dasar putih. Tapi, di sekeliling atau di dalamnya terdapat lambang, huruf, atau angka putih. Rambu ini berarti anda harus memberikan prioritas sesuai yang tertera dalam rambu.

Misalnya rambu biru dengan simbol orang menyeberang. Rambu ini menjadi penanda bahwa menyeberang harus di area terdapat rambu tersebut. Di sisi lain, pengguna kendaraan harus memberi prioritas pada penyeberang jalan.

Ada juga rambu berwarna dasar biru dengan tanda panah untuk menunjukkan kendaraan boleh berbelok langsung. Rambu ini menandakan anda bisa berbelok langsung meski traffic light sedang berwarna merah.

Baca Ini Juga Yuk: Tahu Bedanya Rambu Dilarang Berhenti dan Dilarang Parkir?

4. Warna Hijau

Rambu berwarna dasar hijau merupakan rambu pemberi informasi. Pada rambu ini, tulisan, simbol, huruf, serta garis tepinya berwarna putih.

Contohnya rambu dengan tulisan suatu daerah atau tempat dan diberikan simbol penunjuk arah. Ini berarti jika anda akan menuju suatu daerah atau tempat tertentu, arahnya sesuai dengan yang tertera di rambu tersebut.

Contoh lain, rambu hijau mencantumkan simbol dan nama jalan tol ditambah angka 10 Km. Ini berarti jarak menuju jalan tol yang ditulis dalam rambu jaraknya 10 kilometer lagi.


Foto: Pixabay


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler