7 Peristiwa Tsunami Dahsyat dalam Catatan Sejarah Indonesia

Bandung - Tsunami yang terjadi di Selat Sunda pada Sabtu (22/12/2018) malam menelan korban puluhan tewas. Peristiwa ini menambah deretan panjang catatan tsunami di Indonesia sejak ratusan tahun silam. Beritabaik merangkum sejumlah peristiwa dahsyat tsunami yang pernah terjadi di belahan Indonesia.

1.Tsunami Krakatau
Terjadi pada 26 Agustus 1883, terjadi tsunami akibat reruntuhan letusan Gunung Api Krakatau yang meletus kala ini. Menyebabkan ombak besar yang menjadi gelombang tsunami. Letusan Krakatau yang diikuti uap dan abu panas serta gelombang tsunami yang disebut setinggi 40 meter itu menelan korban jiwa lebih dari 36 ribu orang.

2. Tsunami Flores
Menerpa kawasan Nusa Tenggara Timur pada 12 Desember 1992. Gempa berpusat di kedalaman 35 kilometer barat laut Kota Maumere berkekuatan 7,5 SR terjadi pukul 13.29 WITA. Gempa itu kemudian memico longsor bawah laut yang mengakibatkan terjadinya tsunami hebat. Ketinggian tsunami mencapai 25 meter dimana dua pulau yang paling parah terkena hantaman tsunami yaitu Pulau Flores dan Pulau babi.

3. Tsunami Banyuwangi
Pada 3 Juni 1994, terjadi gempa bumi 5,9 SR yang berpusat di samudera hindia 225 kilometer selatan Malang yang memicu gelombang tsunami di pantai selatan Jawa Timur. Lebih dari 200 orang meninggal dunia, ratusan rumah rata disapu air serta ratusan kapal-kapal nelayan yang rusak.

4. Tsunami Banggai
Terjadi pada 4 Mei 2000, berawal dari gempa tektonik berkekuatan 6,5 SR mengakibatkan gelombang tsunami di Kabupaten Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah. Korban tewas akibat peristiwa ini sekitar 46 orang.

5. Tsunami Aceh
Bagi Indonesia mungkin ini adalah bencana tsunami terdahsyat yang tercatat. Terjadi pada 26 Desember 2004, sebanyak 230 ribu orang meninggal dunia akibat tsunami ini. Gempa bumi berkekuatan 9,2 SR menggucang samudera hindia hingga memicu terjadinya gelombang tsunami yang mematikan. Gelombang tsunami bukan hanya meluluhlantakkan Aceh namun juga pesisir barat Sumatera. Bahkan daratan Sri Lanka dan Semenanjung India pun terkena dampak tsunami ini.

6. Tsunami Pangandaran
Gempa yang berpusat di 200 kilometer selatan Pantai Pangandaran berkekuatan 7,7 SR ini terjadi pada 17 Juli 2006. Kemudian memicu gelombang tsunami yang menelan lebih dari 650 orang.

7. Tsunami Mentawai
Tsunami ini terjadi pada 25 Oktober 2010 akibat gempa bumi berkekuatan 7,7 SR di lepas pantai Sumatera yang mengakibatkan gelombang setinggi 7 meter mengakibatkan lebih dari 400 orang meninggal dunia dan ratusan lain luka-luka.


Ilustrasi: Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler