95 Persen Listrik di Area Terdampak Tsunami Telah Pulih

Pemerintah terus berupaya memulihkan kondisi di daerah yang terdampak tsunami Selat Sunda, khususnya di kawasan Pandeglang (Banten) dan Lampung. Salah satunya adalah menormalkan kembali distribusi aliran listrik di sana oleh tim gabungan dari Direktorat Ketenagalistrikan Kementerian ESDM dan Perusahaan Listrik Negara (PLN)

"Kami dengan sigap menerjunkan tim gabungan dari ESDM dan PLN agar masyarakat terdampak tsunami bisa segera menikmati listrik seperti sediakala," kata Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di laman resmi Kementerian ESDM.

Tim gabungan sebanyak 310 personel berhasil menyalakan 238 dari 248 gardu distribusi. Selain itu, mereka mampu menormalkan empat gardu distribusi lainnya dengan genset dan memberikan penerangan di 22 posko pengungsian. Infrastruktur kelistrikan lainnya juga diperbaiki.

Di Lampung, 40 personel gabungan didatangkan dari ULP Kalianda, Sidomulyo, Sutami, serta UP3 Tanjung Karang. Seluruh anggota tim itu disebar dan mampu membuat 20 dari 22 titik tiang distribusi kembali beroperasi.

Secara umum, berbagai kerusakan yang ada sudah mampu diatasi. "Bahkan laporan yang saya terima kondisi listrik saat ini sudah pulih 95 persen," ungkap Agung.

Pemerintah juga terus berupaya melakukan penanganan kelistrikan di daerah terisolir seperi Pulau Sebesi di Lampung dan Desa Sumur di Pandeglang. Ada juga beberapa wilayah lain yang listriknya belum kembali menyala.

"Hal ini tidak lepas dari akses jalan dan cuaca yang masih menjadi kendala utama atas penanganan kelistrikan," jelas Agung.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler