Ruginya Tidak Punya KTP, Salah Satunya Tidak Bisa Menikah di KUA!

Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah dokumen administrasi kependudukan yang wajib dimiliki warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun. Ada beberapa kerugian yang akan dialami seseorang jika tidak memiliki KTP. Apa saja?

1. Tidak Punya Identitas Legal
Di dalam KTP tercantum identitas pemiliknya. Identitas itu menandakan bahwa kamu memiliki identitas yang legal alias tercatat oleh negara.

2. Tidak Bisa Membeli Kendaraan dan Membuat SIM
Pembelian kendaraan mengharuskan pembelinya memiliki KTP. Sebab, identitas pada KTP akan dijadikan dasar untuk pembuatan STNK dan BPKB. Kamu yang tidak memiliki KTP juga tidak akan bisa membuat SIM. Rugi kan?


3. Tidak Bisa Memiliki Paspor
Ingin pergi ke luar negeri? Paspor jelas harus dimiliki seseorang. Tapi, bagi yang tidak memiliki KTP, kamu harus gigit jari karena pembuatan paspor tidak akan bisa dilakukan.

4. Tidak Bisa Mengikuti Pemilu
Pemilu jadi ajang bagi masyarakat untuk menentukan pemimpin, baik di level kabupaten/kota, provinsi, maupun presiden/wakil presiden. Pemilu juga jadi sarana untuk memilih calon anggota legislatif di berbagai tingkatan dan anggota DPD.

Tapi, jika tidak memiliki KTP, kamu tidak akan memiliki hak pilih pada pemilu. Pengecualian jika kamu sudah melakukan perekaman KTP elektronik tapi KTP-nya belum jadi.

5. Tidak Bisa Menikah di KUA
Tanpa KTP, kamu tidak akan bisa menikah di KUA agar tercatat dan diakui oleh negara. Sebab, KTP merupakan salah satu syarat utama untuk menikah. Jadi, jika ingin menikah tapi tidak punya KTP, siap-siap ditolak KUA!

Sudah tahu kan TemanBaik gimana ruginya tidak punya KTP? Yuk, segera urus pembuatan KTP jika kamu belum memilikinya.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler