17 Program Keren 100 Hari Pertama Ridwan Kamil untuk Jabar

Bandung - Tidak terasa jika pada 27 Desember 2018 ini masa kepemimpinan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur sudah memasuki 100 hari kerja. Selama itu pula, berbagai program baru telah diluncurkan selama masa kepemimpinan keduanya.

Pada pidato pertamanya saat serah terima jabatan sebagai Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengutarakan tekadnya untuk melayani 48 juta masyarakat Jawa Barat. Saat itu, Kang Emil sapaan akrabnya mengatakan bahwa sebagai pemimpin untuk seluruh warga dan masyarakat Jawa Barat ia akan memberikan pelayanan tanpa ada perbedaan.

"Saya ingin membangun Jabar sebagai provinsi yang warganya paling bahagia, Jabar rangkingnya masih 5 dibawah urusan kebahagiaan maka kami bertekad dalam 5 tahun meningkatkan indeks kebahagiaan. Inovasi kami di Bandung dan Tasikmalaya pun akan dibawa ke Jabar. Pokoknya Saya dan Pak UU akan ngabret dalam 5 tahun kedepan," paparnya waktu itu.

Adapun program 100 hari kerja yang sudah disiapkan Gubernur dan Wakil Gubenur Jabar ini sebanyak 17 program yang meliputi berbagai aspek. Berikut ini 17 program yang diluncurkan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum:

1. Jabar Quick Response (JQR)
Sejak diluncurkan pada 18 September lalu, Jabar Quick Response telah menerima berbagai macam laporan dan menindaklanjuti pengaduan. Mulai dari permasalahan infrastruktur, ekonomi, kesehatan, sosial, hingga pendidikan.

2. Public Safety Center (PSC) 119 dan Layad Rawat
Program Layad rawat adalah salah satu program Pemerintah Jawa Barat di bidang Kesehatan dengan menghadirkan layanan kesehatan yang dilakukan dengan cara mendatangi rumah-rumah warga secara langsung.

3. Kredit Mesra
Program kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) merupakan program pemberian kredit bagi masyarakat Jabar yang diberikan tanpa bunga dan tanpa agunan. Hingga saat ini program Kredit Mesra telah memberikan akses pinjaman kepada 78 orang dari berbagai daerah di Jabar dengan total penyaluran mencapai Rp 150 juta lebih.

4. Desa Digital
Desa Digital adalah upaya Pemprov Jawa Barat mengadirkan teknologi tepat guna yang berbasis teknologi dan informasi kepada seluruh warga Jawa Barat. Desa digital merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan informasi.

5. Ngabaso (Ngabring Ka Sakola)
Program Ngabaso adalah Gerakan Berjalan Kaki ke Sekolah yang dilakukan secara berkelompok. Program ini diluncurkan agar tercipta rasa aman dan selamat bagi anak, saat pergi ke sekolah dan pulang ke rumah.

6. Jabar Masagi
Melalui program Jabar Masagi, Pemprov Jabar ingin agar anak-anak belajar untuk merasakan (Surti/Rasa) dengan menghargai perikehidupan manusiawi, Belajar memahami (Harti/karsa) dengan mengembangkan akal, belajar Melakukan (bukti/Cipta) dan membuktikan laku diri, serta belajar hidup bersama (Bakti/dumadi nyata) berbakti pada negara, yang ditempuh dengan menghidupkan nilai-nilai dan potensi lokal yang ada.

7. Magrib Mengaji
Tujuan dari program Magrib Mengaji ini adalah untuk memakmurkan masjid dan mushola yang ada di seluruh Jawa Barat, menumbuhkan ghirah dan kecintaan kepada Al Quran, hingga memberantas buta huruf Al Quran. Program ini juga melibatkan relawan dari BKPRMI Jawa Barat, para ustad, dan asatidz di Jawa Barat serta mahasiswa.

8. Kolecer (Kotak Literasi Cerdas)
Program Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) yang merupakan salah satu upaya Pemprov Jawa Barat dalam meningkatkan budaya literasi di Jawa Barat. Konsep Program Kolecer atau Perpustakaan di jalan (Street Library) ini adalah menghadirkan kotak seperti box telepon di kota London Inggris yang berisi buku, yang dapat dipinjam oleh warga yang memerlukan.

9. Candil (Maca Dina Digital Library)
Candil (Maca Dina Digital Library) merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Jawa Barat untuk meningkatkan budaya literasi di Jawa Barat dengan menggunakan aplikasi berbasis android/IOS yang mulai bisa diunduh per Januari 2019 nanti.

10. Sekoper Cinta
Untuk menekan angka perceraian dan KDRT di Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil meluncurkan program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) yang merupakan wadah bagi perempuan Jawa Barat untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman. Keberadaan program ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup kaum hawa

11. Ulama Juara
Program ini merupakan hasil kerja sama dengan Ust. Adi Hidayat yang difokuskan pada pencarian calon-calon ulama dari seluruh Indonesia. Dimana mereka akan belajar selama setahun untuk pendalaman bahasa, dan pendalaman Al-Quran serta empat tahun untuk pendalaman syariatnya.

12. Program Satu Desa Satu Hafidz
Program Sadesha ini merupakan cikal bakal dari mimpi besar Ridwan Kamil untuk mewujudkan visi misi Jabar yang juara lahir batin. Targetnya sendiri adalah dalam waktu 5 tahun ke depan setiap desa di seluruh Jabar bisa memiliki minimal satu hafidz dan selanjutnya bisa berkembang lahir hafidz-hafidz berikutnya.

13. Jabar Saber Hoaks
Jabar Saber Hoaks bertugas sebagai lembaga pemverifikasi berita -- baik yang diminta atau pun tidak. Lembaga ini memiliki tim yang setiap minggunya rutin menginformasikan berita mana saja yang termasuk dalam kategori hoaks kepada masyarakat.

14. One Pesantren One Product (OPOP)
Program OPOP ini bertujuan untuk mendorong pesantren di Jawa Barat lebih mandiri. Program ini sebagai upaya untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk program ekonomi keumatan. Tujuan besarnya, program ini yakni untuk pengembangan ekonomi keumatan dapat mengikis angka gini rasio serta menekan aktivitas urbanisasi.

15. Gurilaps.com
Gurilaps.com adalah sebuah aplikasi berupa jasa marketplace untuk masyarakat Jawa Barat. Aplikasi Gurilaps akan memberikan kemudahan kepada wisatawan dalam memilih paket wisata melalui keunggulan dalam bentuk kemudahan reservasi, ketersediaan paket wisata, harga terbaik, serta kenyamanan dan keamanan saat berwisata, karena didampingi oleh tour guide atau pendamping wisata berpengalaman.

16. One Village One Company – Desa Juara
One Village One Company Desa Juara adalah program Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk mencapai visi Jabar Juara. Melalui program satu desa satu perusahaan diharapkan masyarakat tetap tinggal di desa, dengan memiliki pekerjaan, dengan penghasilan yang diharapkan setara dengan pendapatan di kota.

17. Hibah Bus Pariwisata
Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Bank bjb, meluncurkan Bus Wisata Perkotaan, yang pada periode pertama ini menghibahkan kepada 13 Kabupaten/ Kota yang memiliki potensi dan keragaman wisata.



Foto dokumentasi Humas Pemprov Jabar


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler