Siap-siap Jabar, Ridwan Kamil Bakal Kebut Program Juara di 2019

Ridwan Kamil sudah melewati masa 100 hari kerja sebagai Gubernur Jawa Barat setelah dilantik 5 September 2018 lalu bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum. Dalam 100 hari kerja, ada berbagai program yang sudah diluncurkan dan dijalankan.

"100 hari sudah selesai, ada 17 program (yang dijalankan), sudah kami kumpulkan penggalan-penggalan optimismenya," ujar Emil, sapaan Ridwan Kamil, dalam Ekspos Program 100 Hari Kerja Gubernur-Wagub Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (28/12/2018).

Program pertama yang diluncurkan tidak lama setelah Emil dan Uu dilantik adalah Jabar Quick Response pada 18 September 2018. Ini merupakan program pengaduan bagi yang mereka membutuhkan darurat di bidang kemanusiaan.

Lewat program berbasis media sosial itu, respon cepat bisa diberikan langsung instansi terkait kepada mereka yang membutuhkan bantuan. "Quick Response ini mengalami arus keluhan yang luar biasa banyak, bukan ratus-ratus lagi, tapi ribu-ribu (keluhan setiap hari)," ungkapnya.

Pada 24 Oktober 2018, program Ulama Juara diluncurkan yang ditandai dengan melepas kader ulama untuk mengikuti pendidikan agama Islam di Turki. Ada juga program Sadesha atau Satu Desa Satu Hafidz yang diluncurkan pada 9 Novmeber 2018.

Di luar itu, beberapa program lainnya adalah Layad Rawat, Ngabaso (Ngabring ka Sakola), Jabar Masagi, Jabar Saber Hoaks, Desa Digital, Magrib Mengaji, Satu Desa Satu Perusahaan, hingga yang terakhir hibah bus pariwisata.

Emil mengatakan dalam kurun 100 hari memang program itu belum bisa diukur keberhasilannya. "Tapi minimal masyarakat Jabar bisa melihat bahwa kami serius membawa inovasi," ucapnya.

"17 program itu kan berarti hal-hal baru atau memperbaiki yang ada dengan cara-cara baru," tutur pria yang identik dengan peci dan kacamata tersebut.

Setelah melewati masa kerja 100 hari, kini Pemprov Jawa Barat dihadapkan pada tahun anggaran 2019. APBD 2019 pun sudah disahkan hari ini.

Sehingga, pada 2019 nanti program kerja Emil dan Uu bersama Pemprov Jawa Barat bisa langsung ngebut dikerjakan. Total, ada 40 program yang siap dilaksanakan.

"Ada 40 proyek strategis, khususnya terkait pariwisata dan infrastruktur yang akan kita bangun. Mudah-mudahan nanti kita ketemu di Desember 2019 semua perubahan yang dijanjikan selama kampanye insya Allah bermuara pada hasil yang maksimal," jelas Emil.

Ia pun memberi bocoran beberapa tempat yang akan dipoles, mulai dari Kalimalang di Bekasi, Pantai Pangandaran, hingga Alun-alun Tasikmalaya, Sukabumi, dan Cirebon. Total anggaran untuk 40 proyek itu sekitar Rp1,5 triliun.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler