Berkenalan Dengan Kepala BNPB yang Baru, Letjen Doni Monardo

Bandung - Kepemimpinan Lakasama Muda (Purn) Willem Rampangilei sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah berakhir. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo akan melantik Letjen Doni Monardo sebagai Kepala BNPB yang baru yang masa jabatannya berakhir pada 2 Januari 2019.

Letjen Doni Monardo memiliki jabatan terakhir sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas). Anggota TNI AD yang berasal dari Cimahi ini memiliki pangkat Letnan Jenderal bintang tiga.

Doni mengenyam pendidikan militernya di Akademi Militer pada tahun 1985 silam. Setelah lulus, ia ditugaskan di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dari tahun 1986-1998 dan berpindah-pindah dari Timor-Timur hingga Aceh.

Baca Ini Juga Yuk: Sutopo Tetap Berikan Info Bencana Meski Berjuang Melawan Sakit

Setelah berada di Kopassus selama 12 tahun lamanya, pada tahun 1999 ia lalu ditugaskan di Batalyon Raider Bali selama dua tahun. Selanjutnya, Doni ditugaskan untuk menjadi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sampai tahun 2014.

Pada tahun 2012, Doni dipilih menjadi Komandan Paspampres yang memiliki pangkat Mayor Jenderal. Karirnya yang gemilang di Paspampres membuat Doni terpilih untuk menggantikan Mayjen TNI Agus Sutomo sebagai Komandan Jenderal Kopassus pada September 2014.

Baru setahun menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus, Doni kemudian ditunjuk untuk menjadi Panglima Komando Daerah Militer XVI/Pattimura dari Juli 2015 sampai Oktober 2017. Setelah itu, pria berusia 55 tahun ini ditunjuk menjadi Panglima Komando Daerah (Pangdam) Militer III/Siliwangi sampai Maret 2018.

Sebelum akhirnya ditunjuk menjadi Kepala BNPB yang baru, Doni menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). Tadinya pelantikan Letjen Doni akan dilakukan hari ini, namun mendadak batal. Walau begitu, selamat menjalankan tugas yang baru untuk Letjen Doni Monardo!

Foto: Dewan Ketahanan Nasional

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler