4 Kota di Indonesia yang Sudah Menerapkan Diet Kantong Plastik

Bandung - Untuk mendukung kampanye diet kantong plastik, rupanya beberapa kota di Indonesia sudah mau untuk ambil bagian dalam mengurangi penggunaan kantong plastik dalam kebutuhan sehari-hari.

Berikut ini kota-kota di Indonesia yang sudah menerapkan diet kantong plastik di daerahnya:

Banjarmasin
Sejak tahun 2016, masyarakat Banjarmasin sudah gencar untuk tidak menggunakan kantong plastik dalam aktivitas sehari-hari. Kebijakan tersebut juga didukung dengan diterbitkannya Peraturan Wali Kota (Perwali) Banjarmasin Nomor 18 tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong plastik.

Larangan penggunaan kantong plastik ini diberlakukan di pusat perbelanjaan modern. Jadi, masyarakat Banjarmasin diharuskan untuk membawa kantong sendiri setiap kali berbelanja. Sejak peraturan daerah ini diterbitkan, Banjarmasin sudah berhasil mengurangi 54 juta lembar kantong plastik loh.

Baca Ini Juga Yuk: Ikut Cara Bandung Kurangi Sampah Plastik Yuk!

Balikpapan
Jika Banjarmasin sudah menerapkan pengurangan penggunaan kantong plastik pada tahun 2016, Balikpapan baru memulainya pada Juni 2018 lalu. Sejak peraturan ini dikeluarkan
ada sekitar 70-80 retail modern yang wajib melaksanakan aturan tersebut.

Sementara itu, untuk mengatasi banyaknya penggunaan sampah plastik di pasar tradisional, Pemkot Balikpapan sampai saat ini masih terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat lainnya.

Bogor
Kota Bogor baru memberlakukan pengurangan konsumsi kantong plastik pada 1 Desember lalu.
Sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 61 tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, pusat perbelanjaan modern seperti pasar swalayan, mal, dan minimarket dilarang untuk memberikan kantong plastik bagi para pengunjung yang berbelanja di tempat mereka.

Denpasar
Per 1 Januari 2019 ini, Kota Denpasar juga mulai melakukan larangan penggunaan kantong plastik di toko-toko modern dan pusat perbelanjaan. Selain diberlakukan di toko modern dan pusat perbelanjaan, larangan ini juga akan diterapkan di pasar tradisional, solusinya bagi pengunjung yang berbelanja akan disediakan troli atau kereta belanja.

Semoga 4 kota yang sudah menerapkan larangan penggunaan kantong plastik ini terus konsisten menjalankan aturan yang satu ini. Walaupun belum banyak kota-kota di Indonesia yang memberlakukan aturan serupa, semoga kedepannya bisa lebih banyak lagi kota lainnya yang turut berpartispasi untuk menyukseskan pengurangan sampah akibat kantong plastik.


Ilustrasi: unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler