Kurangi Sampah dengan Ikutan '31 Days Zero Waste Challenge' Yuk!

Bandung - Tahu enggak TemanBaik, kalau Indonesia adalah negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia? Prihatin melihat hal tersebut, Maurilla Sophianti Imron bersama Kirana Agustina mulai membuat resolusi tahunan pada 2018 untuk mengurangi produksi sampah.

Maurilla yang saat ini sedang berdomisili di Belanda dan Kirana yang sedang menempuh studi master di London ini mengaku terinspirasi dari Lauren Singer dan Bea Johnson. Kemudian mereka berdua mulai membuat Zerowaste.id pada Bulan Maret 2018.

"Dimulai dengan mengurangi sampah diri sendiri dan rumah tangga, terinspirasi dari Lauren Singer dan Bea Johnson," ujar Maurilla pada BeritaBaik lewat sambungan telepon, Kamis (3/1/2019).

Selama Maurilla tinggal di luar negeri, ia kerap bertemu dengan orang-orang yang menunjukkan gaya hidup zero waste. Dari sana ia mulai mencari informasi. "Saat itu saya tertarik untuk mencari-cari informasi dalam Bahasa Indonesia tapi belum mudah dicari. Selalu bertemunya dengan orang-orang dari luar negeri, yang menunjukkan bahwa gaya hidup ini belum terlalu populer atau belum terakses di Indonesia," tambahnya.

Baca Ini Juga Yuk: Aksi Sederhana Ini Bantu Selamatkan Bumi Loh

Meski di luar negeri sudah banyak yang telah menerapkan gaya hidup zero waste, namun menurutnya belum ada sebuah akun khusus atau online platform one-stop-visiting yang memiliki fitur untuk mendukung gaya hidup ini. Hal ini membuat Maurilla mengajak Kirana untuk mewujudkan gaya hidup ini di Indonesia.

"Kirana, yang mempunyai latar belakang kelautan dan juga hobi diving, dia memiliki knowledge mengenai impact ke kelautan dari plastik ini. Kemudian saya mengajak Kirana untuk membentuk Zerowaste.id bersama. Saya berpikir masyarakat Indonesia perlu untuk difasilitasi akan hal-hal seperti ini, jika tidak akan sangat sulit untuk memberi gambaran," jelas Maurilla.

Saat ini, fokus Zerowaste.id di sosial media adalah membentuk komunitas di masyarakat untuk saling berinteraksi dalam proses mengurangi sampah. Selain itu, Zerowaste.id juga diharapkan menjadi motivasi sekaligus sumber informasi dan inspirasi.

One-stop-visiting experience juga dihadirkan di website zero waste.id untuk memfasilitasi orang-orang yang tertarik dengan sustainability, khususnya mengurangi sampah. "Kita juga ingin meningkatkan listing event dan workshop di website kami, sehingga orang-orang yang ingin tertarik untuk belajar benar-benar bisa hanya ke website kami dan mendapatkan semua informasi,” harap Maurilla.

Untuk fokus kampanye, Zerowaste.id memulainya dari menyebar fakta dan masalah, kemudian memberi tip apa yang kita bisa lakukan dari yang termudah. "Kita share tag-tag dari followers-followers untuk memotivasi mereka dan juga orang lain. Dari situ mereka juga mengenal satu sama lain dan akhirnya bisa menjadi ajang diskusi dan komunitas di kota mereka masing-masing,"

Menurut Maurilla, banyak orang yang ingin menerapkan gaya hidup zero waste namun kebingungan memulainya dari mana. Oleh sebab itu, di awal tahun 2019 ini, Zero waste membagikan tantangan bertajuk '31 Days Zero Waste Challenge' lewat akun Instagramnya di @zero waste.id_official. Tantangan ini berisi daftar apa saja yang bisa kamu lakukan selama 31 hari menerapkan gaya hidup zero waste.

"Jangan terlalu muluk-muluk dan jangan merasa minder dengan yang sudah lebih di atas kalian. Mulailah dari yang terkecil dan jangan pernah mikir hal kecil yang kalian lakukan itu tidak berarti. 'It’s only 1 straw said 8 billion people'. Every small thing counts!," pesan Maurilla.

Maurilla juga berharap dapat lebih aktif membuat acara dan interaksi langsung dengan komunitas zero waste.id. Selain itu, ia berharap Zerowaste.id benar-benar menjadi one-stop-visiting website yang memiliki segala informasi dan produk yang mendukung masyarakat untuk memulai dan menjalani gaya hidup penuh kesadaran.

Buat TemanBaik yang ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai gaya hidup ramah lingkungan ini, kamu juga bisa mengunjungi website mereka di Zerowaste.id. Kamu juga bisa ikutan tantangan '31 Days Zero Waste Challenge' dari sekarang!

Foto: Instagram.com/zerowaste.id_official

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler