Kemendikbud Siapkan Pendidikan Mitigasi Bencana Bagi Para Siswa 

Bandung - Banyaknya bencana alam yang terjadi sepanjang tahun 2018 lalu membuat banyak pihak mau tidak mau harus mawas dirI. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal memberikan dasar-dasar keterampilan hidup kepada siswa mengenai pendidikan mitigasi bencana. 

Untuk mendukung program ini nantinya akan ada 5 paket modul yang sudah disiapkan oleh Kemendikbud yang meliputi Bahaya Narkoba, Menangkal Radikalisme, Kesadaran Hukum Lalu Lintas, Pendidikan Antikorupsi, dan Pendidikan Mitigasi Bencana.

Kelima modul tersebut tidak akan jadi mata pelajaran khusus, namun akan dilebur ke dalam kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah-sekolah. Rencananya program ini akan diberlakukan mulai tahun ajaran 2019.  

Untuk Pendidikan Mitigasi Bencana nantinya akan diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar tanpa melalui mata pelajaran khusus dan akan diajarkan dengan cara yang santai. Hanya saja untuk menyukseskan program ini dibutuhkan keterlibatan semua pihak, mulai dari pihak sekolah, orang tua, masyarakat, hingga lembaga-lembaga lainnya. 

Sebelumnya Kemendikbud sendiri sudah bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melakukan penyusunan modul dan pemberian pelatihan kecakapan hidup. 

Adapun modul yang sudah disiapkan Kemendikbud dengan BNPB adalah Modul ‘Pendidikan Tangguh Bencana: Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Indonesia’ yang nantinya bisa digunakan untuk diajarkan kepada siswa-siwa di sekolah.


Foto: Dok. Kemendikbud 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler