Kementerian ESDM Akan Bikin Kampus di Bandung

Bandung - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mendirikan kampus di Kota Bandung dengan nama Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP). Saat ini, izin prinsip pendirian PEP dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tingggi (Kemenristekdikti) sudah dimiliki.

Dilansir di laman resmi Kementerian ESDM, PEP ditargetkan mulai membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Jumlah mahasiswa per program studi berkisar 30-40 orang.

Bagi calon mahasiswa yang berprestasi, akan diberikan beasiswa khusus. Selain itu, diupayakan akan dicari peluang kerjasama dengan industri pertambangan dan pemerintah daerah untuk meringankan biaya pendidikan.

Pendidikan di PEP akan fokus pada pendidikan vokasi DIII di bidang geologi, mineral, dan batu bara (geominerba). Tiga program studi yang akan ada adalah teknologi pertambangan, teknologi geologi, dan teknologi metalurgi. Tenaga pengajarnya sendiri terdiri dari dosen dan praktisi profesional di bidang geominerba.


Lulusan PEP pun ditargetkan menjadi sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Sebab, pola pendidikan di sana ditempuh dengan pendidikan di kampus ditambah program magang di industri selama dua semester.

Para mahasiswa juga akan mendapatkan sertifikasi lisensi profesi di bidang pertambangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Sehingga, para lulusan diharapkan memiliki kemampuan terampil yang siap bekerja di industri pertambangan, baik nasional maupun internasional. PEP bahkan akan membantu lulusannya agar mendapat pekerjaan di dunia industri.

Ilustrasi: Kementerian ESDM


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler