Catat! Begini Cara Jadi Pelanggan Baru PDAM Kota Bandung

Bandung - Bagi warga Kota Bandung, mungkin ada yang belum tahu cara menjadi pelanggan baru Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung. Langkah pertama adalah menyiapkan persyaratan umum pemasangan sambungan baru air minum, yaitu fotokopi KTP, fotokopi PBB terakhir, denah atau gambar lokasi, dan rekening listrik.

"Untuk biaya pemasangan, ada beberapa golongan tarif yang berbeda," kata Kepala Seksi dan Administrasi PDAM Tirtawening Setiarini.

Biaya itu disesuaikan dengan latar belakang calon pelanggan baru. Biayanya mulai dari sekitar Rp1,1 juta hingga Rp3,7 juta, di dalamnya sudah termasuk PPN 10 persen. Biaya itu mencakup standar panjang pipa 6 meter dengan diameter 0,5 inci. Sedangkan jika panjangnya lebih dari 6 meter, ada biaya tambahan sesuai ketentuan.

Proses pendaftaran bisa dilakukan langsung di Kantor PDAM Tirtawening di Jalan Badaksinga Nomor 10 Kota Bandung. Pendaftaran juga bisa dilakukan di laman www.pambdg.co.id.

"Setelah proses pendaftaran selesai, ada SOP (Standar Operasional Prosedur) 12 hari kerja sampai aktif," ujar Setiarini.


Sebelum dilakukan pemasangan, PDAM nantinya akan melakukan pengecekan lebih jaringan di lokasi. Jika jaringan pipa sudah terpasang, air bisa mengalir lebih cepat dari jadwal standar yang ditetapkan.

Sementara jika akan membuka kembali sambungan PDAM yang sudah diputus, pelanggan diharuskan melunasi tunggakannya lebih dulu. Selain itu, sertakan fotokopi KTP dan membayar kembali biaya pembukaan sambungan.

Biaya pemasangannya adalah 15 persen jika pemasangan baru dilakukan di bawah masa tiga bulan setelah pemutusan sambungan. Jika pemutusan sudah lebih dari tiga bulan, biayanya terhitung seperti pemasangan awal.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler