Jejak Panjang Eka Ramdani yang Pensiun dari Sepakbola Profesional

Bandung - Eka Ramdani sudah mengambil keputusan pensiun dari dunia sepakbola profesional. Secara khusus, laga perpisahan pun digelar di Lapangan Footbal Plus, Parongpong, Kabupaten Bandung pada Sabtu (5/1/2018) sore.

Kegiatan itu dirangkaikan dengan pertandingan amal untuk mengumpulkan donasi bagi korban bencana tsunami Selat Sunda. Banyak para pesepakbola yang hadir dalam kegiatan itu, seperti Zulham Zamrun, Abdul Aziz, Erwin Ramdani, M Agung Pribadi, dan Gian Zola.

Eka sendiri sudah mantap mengakhiri karirnya. Ia menjadikan Persib Bandung sebagai klub tempat awalnya meniti karir sekaligus mengakhirinya.

Karir pria yang akrab disapa Ebol itu bermula pada tahun 2000. Ia direkrut ke tim senior Persib dan menjadi bagian tim hingga 2003.

Eka lalu bermain Persijatim Solo FC dalam kurun 2003-2005 demi mendapatkan jam bermain lebih banyak. Pada 2005, ia kembali ke Persib. Tidak sia-sia, Eka yang sudah matang bermain sepakbola terus menjadi pilihan utama di skuat Persib hingga 2011.


Dari perjalanan Eka itu, salah satu yang akan diingat oleh Bobotoh, sebutan suporter Persib, adalah pertandingan Persib vs Persija di Stadion Siliwangi, Kota Bandung pada 2007. Pemain yang identik dengan nomor punggung 8 itu mencetak satu gol indah melalui tendangan jarak jauh. Skor pertandingan sendiri berakhir 3-0 untuk kemenangan 'Maung Bandung'.

Sempat menjadi idola dan pemain kesayangan Bobotoh setelah kembali ke Persib, Eka membuat geger Bobotoh. Secara mengejutkan ia pindah ke Persisam Putra Samarinda. Ia sempat jadi 'musuh' Bobotoh karena dinilai memberi kekecewaan besar pindah ke tim lain.

Eka pun sempat melanglangbuana ke beberapa klub. Selain Persisam, ia pernah bermain untuk Pelita Bandung Raya, Semen Padang, Mitra Kukar, Sriwijaya FC, dan Persela Lamongan.

Pada 2018 Eka kembali berjodoh dengan Persib. Tapi, kompetisi Liga 1 2018 yang dijalaninya bersama Persib ternyata jadi kompetisi terakhirnya sebagai pemain profesional.

Secara mengejutkan, Eka memilih menyudahi karir meski beberapa pihak memandang ia masih bisa bermain. Tapi, pilihan sudah dipilih, karir selama hampir 20 tahun pun sudah diakhiri.

Selain di level klub, pria kelahiran Purwakarta itu pernah memperkuat Timnas Indonesia U-16, U-19, U-20, U-21, U-23, dan senior. Eka bisa dibilang merupakan salah seorang pesepakbola berposisi gelandang asal Jawa Barat terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Selepas pensiun, Eka akan memilih menjadi pelatih di SSB UNI yang sempat jadi tempatnya menimba ilmu di masa kecil. Selain itu, ia akan aktif di berbagai kegiatan sosial bersama ER8 Foundation yang didirikannya.

"Ke depan saya akan lebih fokus mengurus foundation ini," ujar Eka.

ER8 Foundation sendiri merupakan singkatan dari nama dan nomor punggungnya selama ini, yaitu Eka Ramdani 8. Ia menjadikan ER8 Foundation sebagai ladang amal di luar kecintaan terhadap pesepakbola.



Foto: instagram @persib_official


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler