Punya Satelit Hingga Bikin Smartphone Jadi Fokus Kominfo di 2019

Bandung - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memiliki beragam tugas dan program yang akan dikebut pelaksanaannya tahun ini. Tapi, ada empat program yang jadi fokus besar Kominfo.

"Fokus pertama selesaikan Palapa Ring tahun ini. Barat dan Tengah kan sudah selesai, kita akan mengintegrasikan (dengan paket timur), targetnya 2019 pertengahan tahun," kata Menkominfo Rudiantara di laman resmi Kominfo.

Pembangunan Palapa Ring sendiri jadi sarana untuk menciptakan pemerataan akses telekomunikasi di seluruh Indonesia. Sehingga, tidak ada lagi ketimpangan akses telekomunikasi ke depan antara satu wilayah dengan wilayah lain.

"Network ini harus ada di mana-mana. Di masa mendatang, hal itu juga dikhususkan menyasar sektor pendidikan, kesehatan, keamanan, dan pertahanan," ucapnya.

Fokus kedua Kominfo adalah membangun satelit sendiri agar seluruh jaringan komunikasi di Indonesia terhubung satu sama lain. Satelit itu nantinya akan jadi penopang Palapa Ring yang mengandalkan jaringan kabel serat optik.

"Sekarang lagi proses (lelang satelit). Kuartal pertama kita tentukan siapa pemenangnya. Satelit ini kita baru punya 2022. Tapi kita tidak nunggu satelit itu, kita akan sewa dulu punya orang yang karakteristiknya sama (sebelum memiliki satelit sendiri)," jelas Rudiantara.

Fokus ketiga, Kominfo akan mendorong kerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk menciptakan telepon genggam murah tapi berkualitas tinggi.

"Dari segi devide, ke depannya ponsel murah dan bagus buatan Indonesia akan lebih banyak yang harganya di bawah sejuta," tuturnya.

Fokus terakhir adalah mendorong hadirnya Decacorn di Indonesia. Decacorn sendiri merupakan startup digital dengan valuasi di atas 10 miliar US Dollar.

"Secepatnya pertengahan tahun depan akan ada Decacorn di Indonesia. Artinya yang berproses adalah para Unicorn," pungkas Rudiantara.

Foto ilustrasi : Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler