Intip Pembuatan Lilin Raksasa di Vihara Dharma Ramsi Bandung

Bandung - Peringatan Imlek atau Tahun Baru China baru akan terjadi sekitar sebulan lagi, tepatnya 5 Februari 2018. Tapi, persiapan menghadapi Imlek sudah dilakukan.

Hal itu bisa dilihat di Vihara Dharma Ramsi yang berlokasi di kawasan Cibadak, Kota Bandung. Saat BeritaBaik berkunjung ke lokasi, Senin (7/1/2018), di sana sedang dibuat lilin-lilin 'raksasa'.

Lilin-lilin itu memiliki bobot puluhan kilogram dan ketinggiannya berkisar 1 meter hingga hampir 2 meter. Lilin itu akan dinyalakan saat Imlek nanti.

"Kita bikin lilin sudah dari tiga bulan lalu," kata Asikin, pengurus Vihara Dharma Ramsi.

Selain untuk dipasang di Vihara Dharma Ramsi, lilin-lilin itu merupakan pesanan dari berbagai vihara dan orang keturunan Tionghoa di Bandung. Karena jumlahnya banyak, pembuatan lilin 'dicicil' sejak jauh-jauh hari. Setiap tahun, rata-rata pesanan lilin 'raksasa' di sana antara 50-100 pasang.

"Kita bikin lilin ini sejak vihara ini berdiri pada 1954," ungkap Asikin.

Untuk pembuatan satu lilin, biasanya dibutuhkan waktu dua hari. Prosesnya dimulai dari pelelehan bahan lilin, pemasangan sumbu, pencetakan, pewarnaan, hingga terakhir dilapisi plastik agar lilin tampak semakin cantik. Soal warna, jangan ditanya, warnanya pasti merah yang identik dengan perayaan Imlek.

"Kalau dibilang ribet, pembuatan lilin ini ya ribet. Tapi kalau sudah terbiasa, ya biasa aja," tutur Asikin.

Sementara selain pembuatan lilin, persiapan menyambut Imlek juga sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Mulai dari pengecatan vihara, pembersihan ruangan-ruangan, hingga mempersiapkan bahan atau barang untuk kebutuhan ritual saat Imlek.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler