Ridwan Kamil Akan Bikin PNS di Jabar Berubah Jadi Begini

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengubah orientasi kerja para pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jawa Barat. Ia ingin para ASN berorientasi pada hasil, bukan sebatas pada serapan anggaran.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku ingin seluruh visi-misi dan programnya berjalan baik, anggaran dan hasilnya pun seimbang. Tapi, hal itu belum tentu terjadi jika orientasi kerja para ASN berbeda dengan dirinya.

Ia pun mengibaratkan visi-misi dan programnya sebagai teh. Sebaliknya, ASN yang bekerja justru menyodorkannya kopi.

"Kalau selama teorinya kami minta teh dikasih kopi, uang itu habis (dipakai) beli kopi. Tapi tidak bermanfaat karena bukan itu yang diminta," kata Emil usai Rapat Pembahasan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemprov Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (7/1/2018).

Ke depan, ia ingin rencana pembangunan dan seluruh program berubah. Ia ingin ASN berorientasi pada hasil saat melaksanakan program. Sehingga, beragam program yang ada bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, bukan asal jadi. Singkatnya, ia ingin anggaran pembangunan dan program habis terserap, tapi efek positif bisa dihadirkan.

"Jadi kalau anggaran terserap 90 persen seolah (dianggap) berhasil. Padahal itu baru setengahnya, setengahnya lagi barangnya jadi atau enggak, proyeknya bagus atau enggak. Itu kan harus jadi ukuran," jelasnya.

Ia mengibaratkan sebuah proyek pembangunan alun-alun. Anggarannya habis untuk pembangunan, tapi justru alun-alunnya berantakan, bahkan tergolong jelek kualitasnya.

Hal seperti itu akan terjadi jika orientasi pembangunan hanya pada serapan anggaran. Sebaliknya, jika orientasi pembangunannya menghadirkan infrastruktur berkualitas, hal seperti itu tidak akan terjadi.

"Nah, (orientasi kerja) itu yang akan kita perbaiki," tandas Emil.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler