Wah! Kemenhan Beli Helikopter Canggih Buatan PT DI untuk TNI

Bandung - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) beri dukungan agar Tentara Nasional Indonesia (TNI) makin tangguh. Salah satu dukungan yang diberi yaitu berupa pembelian helikopter canggih buatan PT Dirgantara Indonesia (DI).

Penandatanganan kontrak jual-beli dilakukan oleh para pihak terkait di Kantor PT DI, Kota Bandung, Rabu (09/01/2019). Helikopter apa saja yang dibeli Kemenhan?

Yang pertama adalah helikopter angkut berat untuk TNI Angkatan Udara (AU). Materiel kontraknya meliputi delapan unit Helikopter H225M konfigurasi alat berat, integrated logistic support termasuk airborne kit, jasa technical assistant dan advance training, publikasi teknis.

Dalam kontrak itu, PT DI juga memberikan pelatihan dan satu unit H225M Level D Full Flight Simulator beserta sarana dan prasarana pendukungnya.


Yang kedua adalah helikopter serbu. Helikopter itu diperuntukkan Kemenhan untuk TNI Angkatan Darat (AD). Materiel kontraknya meliputi sembilan unit Helikopter Serbu BELL-412EPI lengkap dengan persenjataan dan munisi, suku cadang, publikasi teknis, serta pelatihan oleh PT DI.

Helikopter-helikopter canggih itu memiliki berbagai keunggulan. Helikopter H225M merupakan nama komersial yang sama dengan Helikopter EC725 Cougar yang merupakan keluarga dari Super Puma. H225M adalah produk kerjasama industri antara PT DI dengan Airbus Helicopters (Perancis).

Sedangkan Helikopter BELL-412EPI adalah bagian dari Helikopter BELL-412 Serius. Produk ini adalah hasil kerjasama industri antara PT DI dengan Bell Helicopter Textron Inc (Kanada).

Dengan ditandatanganinya kontrak jual-beli itu, diharapkan industri pertahanan dalam negeri semakin meningkat. Di saat yang sama, TNI diharapkan semakin kuat.



Foto: dokumentasi PT DI
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler