Keren dan Inovatif, Posyandu di Ciwidey Ini Jadi Surga Anak-anak

Bandung - Sebuah posyandu di Kampung Sindangsari, Desa Ciwidey, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, memiliki tampilan nyentrik. Berada di area yang sekelilingnya perkebunan, tempat yang dinamakan Posyandu Teratai RW 21 ini juga punya berbagai keunggulan.

Sejak memasuki gapura, area jalannya memiliki warna-warna dan gambar menarik. Jalannya ada yang bergambar semacam jembatan dan ikan. Sedangkan tembok rumah milik warga yang menuju ke area posyandu juga digambar dengan menarik dan informatif.

Di salah satu tembok misalnya, terdapat gambar gambar berisi ajakan memberi ASI ekslusif pada bayi, penggunaan air bersih secara cerdas, hingga ajakan menimbang bayi rutin setiap bulan.

Jarak antara gapura menuju posyandu sendiri beberapa ratus meter dan hanya bisa dilalui maksimal oleh sepeda motor. Tapi, jalan menuju lokasi akan membuat anak-anak tertarik dan semangat datang ke posyandu.


Apalagi, sejak delapan bulan lalu di sana terdapat Taman Posyandu yang berisi aneka permainan anak, di antaranya ayunan dan jungkat-jungkit. Warna dari permainan itu pun cukup 'ngejreng' alias berwarna mencolok, yaitu merah, biru, hijau, dan kuning.

Sekeliling bangunan posyandu pun dibuat menarik dengan warna dasar merah muda, ditambah aneka gambar tokoh kartun pada temboknya. Di bagian dalam posyandu, salah satu yang menarik adalah timbangan berbentuk tokoh Minions. Hal itu akan membuat bayi dan anak-anak tidak lagi takut untuk ditimbang.

Setiap hari, posyandu itu sering didatangi anak-anak warga sekitar untuk bermain di area taman. Sehingga, suasana posyandu setiap harinya selalu 'hidup' dan diwarnai keceriaan anak-anak. Tempat itu seolah jadi surga dunia bagi anak-anak kampung setempat.

Ketua Posyandu Teratai Popon Julaeha mengatakan sejak posyandunya tampil menarik, kunjungan meningkat drastis. Sehingga, layanan posyandu bisa berjalan maksimal.

"Sekarang kunjungan hampir 100 persen, kalau dulu biasanya antara 60-70 persen," ucap Popon.

Bayi dan anak-anak yang dilayani Posyandu Teratai sendiri jumlahnya lebih dari 60 orang. Salah satu kegiatan utamanya adalah imunisasi. Selain tempat yang menarik, pengurus posyandu membuat inovasi yang membuat kunjungan meningkat drastis.

"Kita ada inovasi Uncan atau Undangan Cantik yang diberikan oleh Origami atau Ojek Riang Gembira ke warga (untuk kegiatan posyandu)," ungkapnya.

Undangan itu menurutnya dibuat semenarik mungkin dengan bentuk dan warna mencolok. Sehingga, anak-anak akan penasaran untuk datang ke posyandu sesuai jadwal.

Sementara selain kegiatan posyandu, di lokasi juga sering dilakukan kegiatan oleh ibu-ibu PKK setempat. Sehingga, posyandu ini memiliki manfaat besar untuk berbagai kegiatan sosial hingga ekonomi warga.

Posyandu Teratai ini merupakan salah satu yang terbaik di Kabupaten Bandung. Bahkan, sering ada pengurus posyandu lain yang berkunjung ke lokasi untuk studi banding dan berusaha meniru beragam inovasi di sana.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler