Cara Kementerian Luar Negeri Apresiasi Media dan Jurnalis

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memiliki cara tersendiri dalam mengapresiasi media massa dan jurnalis yang berjasa dalam memberitakan informasi diplomasi dan kebijakan politik luar negeri Indonesia.

Caranya adalah dengan memberikan Penghargaan Adam Malik (AMA). Pemberian penghargaan dilakukan di sela pernyataan pers tahunan Menlu di Kantor Kemlu, Jakarta, pada Rabu (9/1/2018).

Total, ada enam penghargaan yang diberikan kepada media massa dan jurnalis. Mereka dinilai layak diganjar penghargaan berdasarkan beragam kriteria penilaian yang diberlakukan.

Penilaian itu di antaranya penyajian fakta yang tepat dan informatif, penyajian opini yang seimbang dan objektif, mengandung muatan edukasi pada publik, intensitas pemberitaan yang dimuat, serta akurasi dan update pemberitaan.


Tim juri yang terlibat dalam proses penilaian itu terdiri dari tokoh dan pelaku di dunia media dan diplomasi. Nominasi dan pemenang masing-masing kategori dipilih berdasarkan data data pemberitaan mengenai diplomasi dan kebijakan luar negeri Indonesia dalam kurun 2018.

Bandung - Berikut ini para peraih Penghargaan Adam Malik tersebut dilansir dari laman resmi Kemlu:

1. Harian Kompas (Media Cetak Terbaik)
2. TVRI (Media TV Terbaik)
3. RRI Pro 3 (Media Radio Terbaik)
4. antaranews.com (Media Online Terbaik)
5. Agnes Anya (The Jakarta Post/Jurnalis Media Cetak Terbaik)
6. Riva Dessthania Suastha (CNN Indonesia/Jurnalis Media Online Terbaik)



Foto: dokumentasi Kementerian Luar Negeri 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler